Netral English Netral Mandarin
22:32wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Danau Gawir, Surga Tersembunyi di Tangerang

Senin, 15-Maret-2021 22:15

Suasana di Danau Gawir, Legok, Tangerang, Banten
Foto : Twitter About Tangerang
Suasana di Danau Gawir, Legok, Tangerang, Banten
55

TANGERANG, NETRALNEWS.COM - Danau Gawir yang berada di Legok, Tangerang, Banten, adalah danau buatan yang terbuat dari sisa galian pasir. Dulunya memang tempat pertambangan pasir yang terus digali. 

Lama kelamaan terbentuklah danau, sama seperti Danau Wakadobol, Batujajar, Bandung, dan Tebing Koja, Tangerang, yang merupakan danau buatan juga. 

Nama Gawir sendiri memiliki arti jurang atau tebing. Dulu, tempat tersebut merupakan jurang dan tebing, namun karena aktivitas pertambangan, maka tempat ini menjadi danau. 

Di danau tersebut dijadikan tempat memancing bagi warga setempat dan ada juga warga yang memanfaatkan tempat tersebut untuk lokasi besepeda di sekitar danau.

Bagai surga di tengah hiruk pikuknya Kota Tangerang, suasana yang sangat sejuk dan pemandangan yang asri juga membuat banyak pengunjung datang untuk berfoto dan menikmati matahari terbenam (sunset). 

Suasana di Danau Gawir (Twitter About Tangerang)

Bahkan, di Danau Gawir ini Anda juga bisa staycation bersama teman-teman yang sudah jenuh dengan udara perkotaan, karena di sini udaranya sangat segar. 

Nah, untuk kalian yang suka camping, Danau Gawir ini adalah salah satu rekomendasi tempat camping gratis, tanpa harus naik gunung untuk menikmati sunrise atau sunset yang memukau. 

Namun, bagi Anda yang ingin berkemah di Danau Gawir, Anda wajib melapor kepada pengurus RT setempat, dan jaga tata krama tentunya. Bagi Anda yang hobi naik gunung tentu sudah paham hal ini.

Lokasi Danau Gawir memang belum ada di aplikasi Google Maps, namun jangan kawatir sulit menemukan lokasinya.

Panduannya, untuk menuju Danau Gawir lebih baik Anda mencari Kampung Gawir terlebih dulu. Setelah sampai, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar untuk menunjukkan jalannya, karena warga setempat sudah tahu lokasi tersebut.

Sebagai saran, bila ingin datang ke lokasi ini sebaiknya pagi-pagi buta, tenta agar Anda dan teman-teman Anda bisa melihat sunrise. Bisa juga datang pada sore hari, bila Anda keberatan untuk bangun pagi, Anda masih punya waktu untuk menikmati sunset

 

Reporter : Aldiyansah Saputra
Editor : YC Kurniantoro