Netral English Netral Mandarin
01:17 wib
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta akan menerapkan sistem baru agar tak ada lagi surat hasil tes Covid-19 palsu. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan bahwa keterisian tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) pasien Covid-19 di 101 rumah sakit rujukan telah mencapai 85 persen.
Keluarga Besar TNI Kembali Berduka, Dandim 0808 Blitar Meninggal Karena COVID-19

Jumat, 08-January-2021 23:45

Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto semasa hidup,
Foto :
Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto semasa hidup,
10

BLITAR, NETRALNEWS.COM - Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto S.A.P meninggal dunia setelah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di wilayah Malang. Wali Kota Blitar Santoso membenarkan kabar itu.

"Meninggal dunia posisi di RS di Malang. Informasinya mau dibawa ke rumah Dandim, baru diberangkatkan ke tempat tinggalnya di Yogyakarta," katanya kepada wartawan di Blitar, Jumat (8/1/2020).

Ia juga belum mengetahui dengan pasti terkait dengan teknis pemulangan serta protokol kesehatan nantinya saat di rumah duka di Blitar. Namun, dari informasi yang diterimanya dengan protokol kesehatan yang ketat almarhum akan dishalatkan terlebih dahulu di sekitar area Kodim 0808 Blitar.



Informasinya, almarhum sebelumnya pada 24 Desember 2020 pernah mengeluh sakit. Atas petunjuk dokter yang bersangkutan dirujuk ke sebuah rumah sakit swasta di Kota Blitar. Ia sempat dirawat di rumah sakit tersebut.

Setelah dirawat beberapa hari, almarhum pulang ke rumah namun tidak ada perubahan atau tidak kunjung membaik sakitnya dan kembali lagi dirawat di rumah sakit swasta di Kota Blitar.

Hingga kemudian, pada 29 Desember 2020 yang bersangkutan dirujuk ke rumah sakit swasta di Malang. Dan, pada Jumat (8/1) ia dinyatakan meninggal dunia. Informasinya karena sakit pneumonia.

Wali Kota menambahkan istri dari almarhum saat ini juga masih dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Kota Blitar. Namun, ia belum mengetahui dengan pasti apakah yang bersangkutan positif COVID-19 atau tidak.

Sementara itu, Dedy, yang merupakan ajudan dari Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto mengatakan awalnya Dandim sakit tipes kronis, namun ia tidak mengetahui dengan pasti sakitnya apa.

"Awalnya sakit tipes kronis. Karena faktor di rumah sakit, kami tidak tahu lainnya," kata Dedy.

Ia mengatakan rencananya jenazah setelah dibawa dari Malang langsung menuju ke Blitar.

"Setelah dishalatkan di depan makodim langsung dibawa ke kampung halamannya di Jawa Tengah. Informasinya seperti itu," kata dia seperti dilansir Antara.

Letkol Arh Dian Musriyanto masih baru menjabat sebagai Komandan Kodim 0808 Blitar, pada Agustus 2020.

Pada Oktober 2020, sekitar 10 orang anggota Kodim 0808 Blitar sempat terinfeksi COVID-19.

Anggota Kodim 0808 Blitar yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut baru pulang dari pendidikan Secaba TNI Angkatan Darat di Jember. Namun, setelah mereka menjalani masa isolasi selama 10 hari dengan sakit tanpa ada gejala dan keluhan penyerta, mereka akhirnya sembuh.  

Sebelumnya, Komandan Resimen Militer (Danrem) 033 Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal TNI Harnoto menghembuskan napasnya yang terakhir pada Kamis (7/1/2021). Informasi yang beredar, Brigjen TNI Harnoto sempat dirawat selama hampir 2 minggu di rumah sakit karena COVID-19. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP