Netral English Netral Mandarin
02:54wib
Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa bahwa hukum penggunaan aset kripto. Kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter mulai berlaku di sejumlah minimarket pada Rabu.
Dapat Cuan Miliaran dari NFT, Ghazali Everyday Langsung ‘Ditodong’ Petugas Pajak

Sabtu, 15-January-2022 14:38

Ghozali Everyday
Foto : ISTIMEWA
Ghozali Everyday
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berkat jualan ratusan foto selfie-nya sebagai produk Non-Fungible Token (NFT), seorang pemuda bernama Ghozali sukses meraup miliaran rupiah. Ghozali menjual fotoo selfie-nya di marketplace NFT popular, OpenSea.

Kesuksesan Ghozali itu mendapat perhatian dari Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan.

Melalui akun Twitter @DitjenPajakRI, awalnya Ditjen Pajak memberikan ucapan selama kepada Ghozali. Namun, di kalimat berikutnya, Ditjen Pajak menyematkan tautan untuk mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

“Congratulation, Ghozali! Here is lin where you can register yout TIN: http://pajak.go.id/id. Check out this link for more information about TIN: https://pajak.go.id/index.php/id/syarat-pendaftaran-nomor-pokok-wajib-pajak-0,” tulis Twitter @DitjenPajakRI yang dikutip Sabtu (14/1/2022).

Ditjen Pajak menyatakan akan membantu saat pendaftaran NPWP dengan mengarahkan Ghozali untuk menghubungi @kring_pajak jika terdapat pertanyaan lebih lanjut.

“If you need help, kindly ask @kring_pajak. We wish you the best of luck in the future,” lanjut Twitter @DitjenPajakRI.

Sadar dirinya ditagih oleh petugas pajak, Ghozali menyatakan ini merupakan tagihan pajak pertamanya. Ia pun berjanji akan membayar pajak sebagai warga negara Indonesia yang baik.

“This is my first tax payment in my life,” tulis Ghozali di akun twitternya. “Of course I will pay for it because I am a good Indonesia citizen. This is my first tax payment in my life,” cuit Ghozali di twit terpisah.

Apa itu NFT?

Non-Fungible Token (NFT) adalah sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik. Simpelnya, NFT diibaratkan sertifikat atas karya tersebut dan pemiliknya bisa menjual ke publik.

Dalam kasus Ghozali, ‘barang antik’ yang dimaksud adalah kumpulan foto-foto selfie dirinya yang dijual di OpenSea.

Saat ini ada sekitar 933 lembar foto selfie Ghozali yang dijual dan diberi nama ‘Ghozali Everyday’.

Pada laman OpenSea miliknya, Ghozali memberikan deskripsi singkat soal NFT Ghozali Everday.

Foto-foto selfie dirinya yang jumlahnya hampir 1.000 lembar itu dikumpulkan Ghozali sejak tahun 2017-2021 atau sejak usianya 18-22 tahun.

Dalam riwayat aktivitas penjualan, Ghozali pertama kali tercatat menjual NFT Ghozali Everyday pada tanggal 10 Januari 2022. Ketika itu, NFT selfie Ghozali memiliki floor price sebesar 0,001 Ethereum (ETH) atau kira-kira sekitar Rp48.000.

Menurut laman resmi OpenSea, floor price adalah harga terendah untuk satu item dalam lokasi, yang diperbaharui secara real time oleh OpenSea.

Namun, pada Kamis (13/1/2022/ pukul 11.30 WIB, floor price untuk NFT Ghozali Everday melejit, yakni per lembar foto selfienya dihargai paling murah sekitar 0,3 ETH atau setara dengan Rp14,3 juta.

Sementara, foto selfie dari koleksi Ghozali Everyday paling mahal dijual sebesar 66,346 ETH atau setara Rp3,1 triliun. Foto oselfie itu adalah item ‘Ghozali_Ghozalu #528” yang kini dimiliki dan dijual kembali oleh pengguna OpenSea dengan username ‘sonbook’.

Reporter : Adi Subchan
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi