Netral English Netral Mandarin
23:23wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Datangi Langsung Wilayah Terdampak Erupsi Semeru, Jokowi Pastikan Korban Dapat Bantuan

Selasa, 07-December-2021 14:20

Presiden Jokowi berkunjung ke wiayah terdampat erupsi Gunung Seneru di Lumajang, Jawa Timur.
Foto : Setkab
Presiden Jokowi berkunjung ke wiayah terdampat erupsi Gunung Seneru di Lumajang, Jawa Timur.
0

LUMAJANG, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang langsung ke Lumajang, Jawa Timur untuk menemui warga dan meninjau lokasi terdampak erupsi gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 lalu.

"Pagi hari ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi," kata Jokowi di kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Jokowi juga mengatakan, akan segera dilakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung tersebut. Ia pun meninjau lokasi pengungsi untuk memastikan bahwa dengan pengungsi tertangani dengan baik.

"Yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik. Kita berharap setelah nanti reda, semuanya bisa dimulai baik yang berupa perbaikan infrastruktur," kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, pemerintah terbuka atas kemungkinan relokasi penduduk dari permukimannya saat ini.

"Maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali. Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap," kata Presiden, seperti dilansir dari Antara.

Presiden Jokowi atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru.

Presiden Jokowi sempat meninjau posko pengungsi di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Presiden Jokowi bertemu pengungsi, melihat dapur umum, meninjau Posko Pelayanan Kesehatan, bertemu anak-anak, dan menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi