Netral English Netral Mandarin
05:22wib
Menkes Singapura meminta pasien Covid-19 yang masih muda dan telah mendapatkan vaksin penuh untuk dirawat di rumah mengingat kapasitas unit gawat darurat hampir penuh. KPK menjadwalkan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, hari ini.
Demo di RI Tak Ditunggangi Kepentingan HAMAS? HNW: Perhatikan Saja, Tidak Ada yang Kibarkan Bendera Hamas, Umumnya...

Sabtu, 22-Mei-2021 16:37

Hidayat Nur Wahid
Foto : Liputan6.com
Hidayat Nur Wahid
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak semua pihak mencermati bagaimana dukungan masyarakat kepada Palestina dilakukan. Mereka mengibarkan bendera Palestina dan bukan bendera Hamas. 

“Kalau “bendera” juga jadi ukuran, maka perhatikan saja, demo2 pro Palestina di Indonesia tidak ada yang mengibarkan bendera Hamas. Umumnya, yang dikibarkan adalah bendera Palestina, bendera Merah Putih,dan bendera khas masing2 organisasi di Indonesia.,” kata HNW, Sabtu 22 Mei 2021.

Pernyataan HNW disampaikan untuk menanggapi pernyataan akun Ismail Fahmi @ismailfahmiyang sebelumnya menatakan terkait topik demo dukung Palestina agar merujuk pada pernyataan HNW. 

“Terkait topik ini, bahwa dukung Palestina itu dasarnya kemanusiaan, bukan khilafah, hamas, ..,” kata akun Ismail Fahmi.

Sementara secara terpisah diberitakan, unjuk rasa mendukung Palestina dan mengecam serangan Israel  digelar juga di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/5).

Akibatnya, kepolisian lalu lintas Polrestabes Bandung menutup Jalan Asia Afrika untuk sementara waktu sebagai bagian dari rekayasa lalu lintas karena adanya aksi bela Palestina tersebut.

Dilansir CNN Indonesia, arus lalu lintas di perempatan Jalan Asia Afrika-Tamblong. Pengendara yang melintas akhirnya dialihkan ke Lengkong.

Aksi bela Palestina ini diawali dengan berjalan kaki atau long march dari depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian aksi di depan Gedung Merdeka.

Seruan takbir dan 'Free Palestine' mewarnai pada aksi ini.

"Free..free Palestine. Bebaskan Palestina," teriak massa.

Sebagai pembuka, musisi Ebieth Beat A turut naik ke atas mobil komando. Ebieth turut menyanyikan satu lagu yang mengangkat tema kebebasan Palestina dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya, selain mengutuk agresi Israel, massa juga meminta dua kelompok di Palestina, Hamas dan Fatah untuk bersatu.

Massa juga meminta Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk menghentikan agresi Israel.

Untuk umat muslim di Indonesia, massa aksi mengajak untuk terus mendukung Palestina baik dalam bentuk pemboikotan produk Israel, penggalangan dana atau dengan qunut nazilah dalam salat.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P