Netral English Netral Mandarin
23:48wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Denny Siregar: Bayangkan kalau Presiden Tiba-Tiba Pake Selendang Palestina

Senin, 16-Agustus-2021 21:40

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) berjalan menuju ruang sidang Gedung Nusantara saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021
Foto : Antara Foto
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) berjalan menuju ruang sidang Gedung Nusantara saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar memaknai mengapa Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian Baduy saat pidato kenegaraan.

“Presiden @jokowi pake baju2 adat Indonesia itu memang sdg perkenalkan budaya Indonesia, dari Barat ke Timur. Harusnya di apresiasi, karena baru Jokowi lah yang rutin dan konsisten promosikan adat dan budaya kita..,” kata Denny Siregar, Senin 16 Agustus 2021.

Namun Denny menambahkan cuitan dengan sedikit hendak melawak.

“Bayangkan, kalau Presiden tiba2 pake selendang Palestina..,” imbuh Denny.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Suku Badui di sidang tahunan MPR/DPR 2021.

Pakaian serba hitam lengkap dengan sebuah tas terselempang mengantarkan Mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk menyampaikan pidato kenegaraan yang disampaikan satu tahun sekali ini.

Dikutip dari akun twitter resmi Kantor Staf Presiden @KSPgoid pakaian yang dikenakan Jokowi adalah hasil buah karya dari Jaro Saija. Jaro merupakan Tetua Adat sekaligus Kepala Desa Kanekes, Banten.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Badui sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Badui," cuit @KSPgoid, Senin (16/8).

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Badui. Saya bersyukur karena sederhana, simpel, dan nyaman dipakai. saya ucapkan terima kasih kepada pak Jaro Saija, Ketua Kepala Adat Suku Badui yang telah menyiapkan baju adat ini," kata Jokowi dalam pidatonya.

Dalam cuitannya, KSP juga menerangkan beberapa hal yang terkandung dalam baju adat yang dipakai Jokowi itu. Dijelaskan bahwa pakaian tersebut terdiri dari Telekung, Kutung, Beubeur, dan Samping Aros.

Telekung sendiri merupakan ikat kepala. Dalam tampilannya hari ini, Jokowi mengenakan telekung berwarna hitam yang juga dibubuhi corak gambar biru tua.

Telekung ini kerap disebut sebagai koncer atau roma dan merupakan kain tenun asli dari masyarakat Badui.

Selanjutnya Katung atau Jaman Sangsang, merupakan baju adat berwarna putih berlengan panjang, tanpa kerah. Jokowi memilih mengenakan katung warna hitam, senada dengan warna telekungnya yang juga didominasi warna gelap.

Kemudian, dalam baju adat, Jokowi juga tampak mengenakan beubeur. Beubeur merupakan ikat pinggang yang disampirkan di pinggang, beubeur berasal dari kain.

Selanjutnya, Jokowi juga menyempurnakan tampilannya dengan Samping Aros, sarung berwarna nila, bergaris putih yang dikenakan sebatas dengkul.

Jokowi tiba di Kompleks MPR/DPR sekira pukul 08.06 WIB. Saat tiba Jokowi langsung disambut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti yang sudah hadir terlebih dulu di lobi Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura.

Baju adat Baduy dipakai Jokowi saat sidang tahunan MPR/DPR 2021.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani