Netral English Netral Mandarin
15:07wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Denny Siregar Sarankan Rocky Gerung Tinggal di Mars karena NASA Buka Lowongan

Minggu, 12-September-2021 18:32

Rocky gerung dan denny Siregar
Foto : Kolase Tribunews
Rocky gerung dan denny Siregar
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gegara polemik rumah Rocky Gerung yang diklaim menempati lahan milik Sentul City, Denny Siregar malah menawarkan Rocky gerung tinggal di Planet Mars mumpung ada lowongan dari NASA.

“Mungkin Rocky Gerung mau pindah kesana ? Lumayan, drpd lu manyun..,” cuit jahil Denny Siregar, Minggu 12 September 2021.

Untuk diketahui, NASA sedang mencari seseorang yang mau tinggal di Mars buatan selama satu tahun. Pekerjaan ini dalam rangka simulasi misi eksplorasi Mars termasuk spacewalks.

Badan Antariksa AS itu membuka aplikasi mulai Jumat (6/8/2021) kemarin untuk empat sukarelawan berbayar. Mereka akan ditempatkan di Mars Dune Alpha, habitat Mars berbasis di Johnson Space Center di Houston, Texas.

Tempat itu memiliki luas 1.700 meter persegi dibuat oleh printer 3D. Tidak ada jendela dan pelamar akan mengkonsumsi makanan luar angsa siap saja, seperti dikutip dari laman News Sky, Senin (9/8/2021).

Misi eksplorasi Mars yang akan dijalankan keempat orang sukarelawan itu termasuk spacewalks, menghadapi komunikasi yang terbatas, makanan dan sumber daya yang terbatas, serta kegagalan peralatan.

Tiga eksperimen ini direncanakan oleh NASA dengan misi pertama dimulai pada musim gugur tahun 2022 mendatang. "Kami ingin memahami bagaimana kerja manusia di dalamnya, kami melihat situasi Mars yang realistis," kata ilmuwan utama, Grace Douglas.

Ada sejumlah syarat bagi mereka yang tertarik untuk ikut percobaan ini. Yakni mulai dari harus emiliki gelar master dalam bidang sains, teknik atau matematika atau berpengalaman sebagai pilot.

Sayangnya hanya warga Amerika atau mereka yang menjadi penduduk tetap AS yang bisa jadi sukarelawan. Dari segi usia, NASA mencari diantara 30-55 tahun untuk sukarelawan tersebut.

Selain itu, mereka yang ikut dalam misi tersebut harus memiliki kesehatan fisik yang baik. Selain juga dicari orang tanpa masalah diet serta tidak rentan mabuk perjalanan.

Menurut Chris Hadfield, seorang astronaut Kanada, persyaratan tersebut menunjukkan NASA mencari orang yang dekat dengan astronaut. Dengan begitu membuat pengujian lebih baik jika peserta lebih mirip dengan orang-orang yang akan pergi ke Mars.

Sebelumnya, Rusia juga pernah melakukan pengujian yang sama disebut Mars 500. Namun pengujian dikatakan tidak berakhir dengan baik sebab menurut Hadfield karena sukarelawan terlalu mirip dengan manusia biasa.

Pengalaman ini, Hadfield mengatakan melibatkan 'kebebasan luar biasa' dalam 'tahun yang jauh dari tuntutan kehidupan normal Anda'.

Sementara itu, penjelajah Mars NASA bernama Perseverance gagal dalam misi pertama untuk mengambil sampel batu. Rencananya sampel itu akan dibawa pulang ke Bumi nanti.

Dinukil CNBC Indonesia, Perseverance mengebor di permukaan Kawah Jezero Mars untuk mengekstrak sampel lempengan batu datar seukuran jari. Meski bor nampak bekerja dengan baik, nampaknya tidak ada batu yang masuk dalam tabung sampel.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto