Netral English Netral Mandarin
00:48wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Desak Ungkap Keuangan Kontras Apakah seperti Kubangan Lumpur, FH: Jangan2 Haris yang Main Tambang di Timur

Kamis, 23-September-2021 18:30

Haris Azhar
Foto : Radar Pekanbaru
Haris Azhar
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ferdinand Hutahaean menuntut PPAT melakukan tracing sumber keuangan lembaga Kontras dan YLBHI. Hal ini disampaikan gegara polemik antara Haris Azhar dengan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sy usulkan agar @PPATK melakukan tracing terhadap sumber keuangan  @KontraS @YLBHI sebagai organisasi dan para pengurusnya sprt Haris Azhar, Fatia, Asfinawati dll," kata Ferdinand Hutahaean, kamis 23 September 2021.

“Kita uji integritas mrk apakah bersih atau justru kotor sprt kubangan lumpur. Jgn2 HarAz yg main tambang di Timur,” imbuhnya.

Ferdinand juga mengecam model kritik aktivis HAM.

“Saya melihat justru aktivis2 sekarang yang otoriter bahkan tak punya adab dlm menyampaikan pendapat. Banyak aktivis memaksakan pendapatnya sbg kebenaran meskipun hanya caci maki dan fitnah atau pelecehan. Sungguh bagi saya mereka yg sprt itu adalah buaya teriak kadal..!” kata Ferdinand.

Untuk diketahui, Tindakan Menko Luhut mempolisikan Haris Azhar sebelumnya disayangkan oleh pengacaranya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan melaporkan aktivis HAM, Haris Azhar dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik, Rabu (22/9/2021).

Laporan ini merupakan buntut dari pernyataan Haris dan Fatia dalam sebuah video kanal YouTube, yang menduga Luhut bermain bisnis pertambangan di Papua.

Kuasa Hukum Haris Azhar Nurcholis Hidayat menyayangkan tindakan pelaporan Luhut kepada kliennya.

Walaupun, memang sebagai warga negara, Luhut punya hak untuk membuat laporan ke polisi.

"Kami menyesalkan, meskipun setiap warga negara berhak melaporkan, melakukan upaya hukum, tapi hukum pidana kita punya aturan dan kepolisian bekerja berdasarkan itu," kata Cholis, dikutip dari tayangan YouTube TV One, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, laporan yang dilayangkan Luhut bukan termasuk delik pidana pencemaran nama baik.

Untuk itu, ia meminta kepolisian untuk tak melanjutkan proses laporan Luhut.

Hal itu melihat bahwa pernyataan Haris dan Fathia dilontarkan berdasarkan hasil kajian.

"Apalagi kita bicara lebih detail, kepolisian juga punya SKB pedomen UU ITE."

"Dalam pedoman itu, kita sebutkan saja dalam poin 3 huruf c menjelaskan bukan sebuah delik pencemaran nama baik atau fitnah jika berupa penilaian, pendapat, hasil evaluasi atau sebuah pernyataan."

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Irawan HP