3
Netral English Netral Mandarin
17:00 wib
Jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Italia sudah melampaui 100 ribu orang. Kondisi itu membuat Italia menjadi salah satu negara yang mencatatkan rekor kematian tertinggi. Politisi Partai Demokrat (PD) versi kongres luar biasa (KLB) Max Sopacua membantah informasi yang menyebut pihaknya menjanjikan imbalan Rp100 juta untuk para kader partai yang bersedia menghadiri KLB
Di Negara Ini, Varian Inggris Jadi Penyebab Utama Kasus Baru COVID-19

Sabtu, 06-Februari-2021 15:30

Petugas medis sedang membawa pasien positif COVID-19.
Foto : BBC
Petugas medis sedang membawa pasien positif COVID-19.
3

PRAHA, NETRALNEWS.COM - Varian virus corona Inggris, yang lebih menular dibandingkan jenis sebelumnya yang dominan, kini beralih menjadi penyebab utama kasus baru COVID-19 di Slovakia, ungkap Perdana Menteri Igor Matovic pada Jumat (5/2/2021).

Negara Eropa tengah berpenduduk 5,5 juta jiwa itu berjuang keras untuk menurunkan kasus harian COVID-19 sekalipun terdapat kebijakan penguncian dan pengujian meluas.

Rumah-rumah sakit kewalahan saat mereka pada Kamis tercatat merawat 3.560 pasien COVID-19.

Matovic mengatakan pemerintah telah memeriksa seluruh sampel positif dari tes laboratorium PCR yang diambil di negara tersebut pada Rabu (3/2) dan hasil awal menunjukkan bahwa 71 persen sampel merupakan varian COVID-19 Inggris.

"Sejauh ini dari 1.360 sampel klinis yang terbukti positif oleh RT-PCR, 71 persen di antaranya terdiagnosis sebagai varian SARS-CoV-2 Inggris, B.1.1.7," tulis Matovis melalui akun Favebook.

Menurut sejumlah ilmuwan, varian COVID-19 Inggris diyakini hingga 70 persen lebih menular ketimbang jenis sebelumnya, dan kemungkinan juga 30 persen lebih mematikan.

Proporsi itu bahkan lebih tinggi di kalangan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Louis Pasteur di Kota Kosice, Slovakia timur, tempat rangkaian tes membuktikan bahwa 91 persen pasien terpapar varian COVID-19 Inggris, lapor kantor berita TASR.

Slovakia sejauh ini mencatat 5.050 kematian akibat COVID-19.

Matovic mengaku penyebaran varian COVID-19 Inggris mempersulit dirinya untuk melonggarkan aturan pembatasan. Koalisinya yang berkuasa pada Jumat berbeda pendapat soal pembukaan kembali Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak seperti yang direncanakan pekan depan.

"Proporsi (mutasi) Inggris seperti demikian menandakan bahwa setiap pelonggaran tanpa tindakan kompensasi/perlindungan akan menyebabkan lonjakan kasus positif sekaligus memperburuk situasi," katanya.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian