Netral English Netral Mandarin
03:45wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Di Tengah Badai Pandemi, Gubernur dan Wagub Sumbar Beli Mobil Rp2 Miliar, Eko Kuntadhi: Wwwooooo....

Rabu, 18-Agustus-2021 11:05

Gubernur dan Wagub Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy
Foto : Antara Foto
Gubernur dan Wagub Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat kompak membeli mobil dinas baru di tengah badai pandemi yang sedang melanda penjuru negeri, tak terkecuali di provinsi ini.

Sontak warganet menyoroti berita tersebut. Eko Kuntadhi ikut mencibir. Meski mencuit pendek, apa yang disampaikan bermakna sindiran.

“Wwwooooo....,” cuit Eko Kuntadhi melalui akun Twitternya, Rabu 18 Agustus 2021.

Untuk diketahui, Wagub dan Gubernur Sumbar membeli mobil  baru yakni Mitsubishi Pajero untuk gubernur dan Hyundai Palisade untuk wagub. Total anggaran yang dihabiskan mencapai Rp2 miliar.

Terkait pembelian mobil baru itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan alasannya karena mobil yang sebelumnya rusak dan tak layak lagi dipakai.

"Mobilnya rusak, rem blong, tak mungkin itu dipakai," katanya, Senin (16/8/2021).

Mahyeldi menyebut, penganggaran untuk mobil dinas ini sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar 2021.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan pembelian mobil ini tidak ada maksud apa-apa, tetapi karena sudah dianggarkan.

"Mobil dinas wagub itu tidak ada, sejak dilantik saya pakai mobil prbadi," ujar Audy.

Wagub mengatakan, pembelian mobil ini juga di bawah pagu anggaran yang ada, total anggaran untuk mobil dinas senilai Rp3 miliar, tetapi dipakai Rp2 miliar.

Soal membeli mobil dinas pada masa pandemi, Audy menjelaskan hal itu tidak mengganggu penanganan Covid-19 karena refocusing anggaran sudah dilakukan.

"Penanganan berjalan dengan baik, tidak terganggu oleh pembelian mobil dinas," sebutnya.

Hal ini kemudian juga mendapat sorotan dari Anggota DPRD Sumbar, Nofrizon. Ia menyayangkan pembelian mobil dinas baru tersebut di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

"Jika karena mobil rusak, kan bisa diperbaiki," ucapnya dinukil Liputan6.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto