Netral English Netral Mandarin
18:26wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Dianggap Jadi Dokter Pembungkam, Tokoh Papua Sebut dr Tirta Otaknya Mirip Abu Janda

Selasa, 13-Juli-2021 16:43

Christ Wamea dan dr Tirta
Foto : Kolase Netralnews
Christ Wamea dan dr Tirta
29

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - dr. Tirta Mandira Hudhi saat ini tengah menjadi sorotan, usai 'menguliti' sosok dr. Lois Owien yang menyebut dirinya adalah penguasa Covid-19.

Tokoh asal Papua, Christ Wamea juga ikut angkat bicara mengomentari dr Tirta. Bahkan, Christ menyebut dr Tirta sama seperti Permadi Arya atau Abu janda.

“Otaknya mirip dengan Abu Janda,” kata Christ Wamea, Selasa 13 Juli 2021.

Untuk diketahui, dr. Lois sebelumnya menyebarkan informasi bahwa pihak pemerintah telah salah langkah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Ia bahkan sudah jumawa bisa mengatur kedokteran sesuai keinginannya, dan bisa membubarkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dalam banyak unggahannya, dr. Lois kerap membawa sejumlah figur, dan mengklaim caranya menangani pandemi adalah yang paling benar.

Dia juga mengklaim bahwa interaksi antar obat yang selama ini dipraktikan oleh dokter, adalah hal yang fatal dan justru akan memperparah kondisi pasien.

Ia juga  sempat menyebutkan sejumlah kasus yang sukses sembuh, sesuai dengan arahannya.

Klaim-klaim dr. Lois ini disebut dr. Tirta ngawur. dr. Tirta bahkan sampai mengajak dr. Lois untuk melakukan debat publik.

Namun ajakan dr. Tirta itu langsung ditolak oleh dr. Lois, yang menganggap ilmunya sangat mahal.

Alhasil kini dr. Lois telah diamankan oleh pihak Polda Metro Jaya pada Minggu, 11 Juli 2021 kemarin.

Namun, usai penangkapan tersebut, dr. Tirta malah  'diserbu' oleh publik, terutama pihak yang mendukung dr. Lois. dr. Tirta langsung dituduh sebagai pihak pelapor dan disebut sebagai cepu hingga dokter yang hobi membungkam.

Hal itu terlihat dari komentar netizen, di unggahan dr. Tirta pada Senin, 12 Juli 2021 ini. dr. Tirta mengunggah sebuah artikel yang mengklarifikasi bahwa dirinya tidak melaporkan dr. Lois ke polisi.

Statusnya dalam kasus tersebut merupakan sebagai saksi, bukan sebagai seorang pelapor.

"Hehe . Jadi sorry yak. Sorry banget nih. Saya ga melaporkan. Cukup jadi saksi saja. Karena banyak warga dan institusi dah melaporkan," ujar dr. Tirta, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Instagram.

"Jangan kebakaran jenggot gitu kalo issuenya yg JELAS2 HOAX gagal donk. Dikasi wadah di IDI, DITOLAK," imbuhnya.

Pada kolom komentar, netizen bahkan menyebut dr. Tirta adalah dokter yang tak punya nyali untuk bertemu langsung.

"Diajak debat gak mau.. Lalu main lapor.. Mental cepu," komentar seorang netizen.

"Satu persatu dibungkam," ujar netizen yang lain.

"Dikit dikit laporin. Begini aja terus," tulis netizen lainnya.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli