Netral English Netral Mandarin
22:14wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Dibalik Makna Baju Adat Pepaduan Lampung Presiden Jokowi

Rabu, 18-Agustus-2021 05:30

Presiden Jokowi mengenakan busana adat Lampung.
Foto : Setpres.
Presiden Jokowi mengenakan busana adat Lampung.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memulai tradisi baru beberapa tahun lalu dalam berbusana memperingati upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, tiap 17 Agustus.

Tahun ini, presiden RI mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung (Tahun 2020 pakaian adat Timor Tengah. Tahun 2019 pakaian adat Klungkung).

Sedangkan  Ibu Iriana memakai warna yanh selaras, busana berwarna gading. Wakil.Presiden RI Ma'ruf Amin memakai pakaian adat Sunda dari Sukabumi berwarna biru, yang senada warna dengan busana Ibu Wury, istri wapres RI, berkebaya biru polos dengan sulaman.

Tiap tahun dalam acara kenegaraan seputar peringatan HUT RI, Presiden Joko Widodo silih beganti mengenakan pakaian adat, yang jumlah ratusan suku di Indonesia. "Nanti semuanya akan kita angkat", ungkap presiden RI, itu.

Provinsi yang memiliki lebih dari 60 persen penduduk dari tanah Jawa ini mempunyai sebuah busana lokal yang sarat akan makna dan tentunya filosofi yang terkandung di dalamnya, tulis Andalastourism .

Terdapat dua jenis baju tradisional yang dimiliki oleh daerah tersebut. Masing-masing juga pastinya tersedia untuk laki-laki dan juga perempuan.

Hasil budaya dari suku yang mempunyai simbol kayu tersebut memiliki bentuk dan juga aksesori yang hampir sama dengan jenis Saibatin. Dengan corak masyarakat khas dataran atas, coraknya memiliki rupa yang menarik dan juga warna tersendiri yang membuat siapapun menjadi terpesona. Namun, terdapat perbedaan antara pakaian pria dan juga wanitanya.

Peran warna putih memang menjadi ciri tersendiri dari baju jenis ini. Bagi para lelaki di sana, mereka menggunakan semacam kemeja sebenarnya terdapat pilihan warna lainnya, yaitu hitam. Pemakaiannya juga melibatkan sebuah selendang persegi yang digantungkan pada bahu dan menjulur pada dada.

Untuk bawahannya, memakai beberapa gabungan. Pertama, para lelaki di sana harus memakai celana putih dan dilanjutkan dengan melingkarkan sebuah kain tenunan yang berwarna kuning mengkilat. Setelah itu, baru diberikan sebuah aksesoris tambahan yang berupa unting untingan khas masyarakat melayu.

Busana Perempuan

Hampir seperti busana dari masyarakat pesisir Provinsi Lampung, bentuknya juga menutup seluruh anggota tubuh. Haltersebut mencermin sebuah penghormatan dan juga norma kesopanan yang ada di masyarakat. Warna yang paling banyak menguasai adalah putih bersih dengan beberapa bagian yang mempunyai unsur kuning mengkilat seperti emas.Terdapat beberapa variasi atasan yang bisa dipilih saat mengenakannya. 

Salah satunya yaitu Bebe yang merupakan rajutan dari baju tradisional tersebut hingga membentuk seperti lotus. Bunga yang hidup di air tersebut juga berwarna sama dengan dominasi pakaiannya sehingga memang sering dipakai oleh mereka. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P