Netral English Netral Mandarin
01:11 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Didaulat Jadi Ketum, Ferry Juan Sebut Baladhika Karya SOKSI Merupakan Ormas Perjuangan

Sabtu, 09-January-2021 11:15

Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI (BKS) Ferry Juan
Foto : Istimewa
Ketua Umum Baladhika Karya SOKSI (BKS) Ferry Juan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum (Ketum) Ferry Juan SH menyebutkan bahwa Baladhika Karya SOKSI (BKS) merupakan organisasi masyarakat (Ormas) perjuangan. Bersikap mandiri dan berpartisipasi di bidang kekaryaan. Selain itu juga harus bisa bekerjasama dengan Pemerintah dan masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Ferry Juan SH saat pelantikan dirinya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (Ketum Depipus) Baladhika Karya SOKSI (BKS) periode 2020-2022 berdasarkan perpanjangan masa bakti hasil Musyawarah Besar (Mubes) 2008.

Untuk kepemimpinannya kali ini didukung sebanyak 117 orang yang masuk dalam struktur pengurus dan diambil dari seluruh daerah di Indonesia.



Acara pelantikan itu sendiri digelar di Hotel RedTop, Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021) malam. Dua di antaranya dihadiri Ir Ali Wongso Sinaga selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Ketum Depinas) SOKSI dan Letjen TNI (Purn) Sonny Wijaya yang juga duduk sebagai Dewan Pembina SOKSI. Petinggi lainnya ikut hadir DR Djoko Purwanto serta Untung Suparno.

"Ini adalah satu kehormatan. Makanya, saya sampaian penghargaan dan penghormatan, terutama khususnya kepada Bapak Mayjen TNI (Purn) Prof Dr H Suhardiman SE selaku pendiri SOKSI. Juga kepada para pendiri lain, meski mereka adalah bukan bagian dari hidup saya," kata Ferry yang disambut dengan kalimat heroik : Maju Terus, Pantang Mundur.

Ditambahkan Ferry bahwa mereka mendirikan SOKSI karena untuk mempertahankan Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Karena itu pula, perlu saya sampaikan di sini, kalau Baladhika Karya SOKSI adalah merupakan organisasi masyarakat perjuangan," ucapnya.

Sebagai Ormas perjuangan, kata Ferry lagi, BKS bersikap kemandirian dan berpartisipasi di bidang kekaryaan. "Hidup atau matinya ada ditangan pengurus. Kita dituntut untuk memajukan kewirausahaan. Ada simbol berdikari, seperti yang diharapkan almarhum pendiri. Karenanya, di BKS kita buruh generasi muda yang inovatif. Namun begitu, tetap harus bisa bekerjasama dengan Pemerintah dan masyarakat," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ferry Juan SH mengajak kepada seluruh pengurus untuk belajar politik. "Butuh kader muda untuk berkarya. Apalagi BKS punya tugas pokok, yakni demi mengembangkan di bidang kekaryaan. "Dasarnya adalah karya dan etos kerja bangsa. BKS juga menggelar pendidikan dengan biaya murah serta ada advokasi, baik itu kepada anggota maupun untuk masyarakat luas. Makanya bakal dikembangkan jaringan," ungkapnya.

Masih ditengah situasi pandemi COVID-19, menurut Ferry lebih lanjut, justru jangan mengeluh apalagi sampai jatuh. Tidak boleh mensia-siakan. "Sebaliknya, kita harus semangat, yakni berdasarkan kedisplinan nasional," tutupnya.

Sementara itu Ir Ali Wongso Sinaga saat memberikan pembekalan dan pengarahan disaat pelantikan Ferry Juan SH selaku Ketum, pertama-tama memberikan ucapan selamat kepada 117 pengurus yang ada dalam struktur Ormas BKS yang ada. Namun begitu seraya minta izin untuk berpantun. 'Jalan-jalan naik Toyota Hartop, minum kopi mampir ke Jatinegara. Ketua dan pengurus dilantik di Hotel RedTop, selamat mengabdi kepada bangsa dan negara'.

Sebagai Ketum Depinas SOKSI, Ali Wongso berjanji bahwa Juni atau Juli 2021 mendatang bakal ada pembekalan dari Ketua Umum Golkar. "Sebab di BKS ini, masih ada yang belum memahami, bagaimana sejarah Ormas ini. Termasuk soal warna merah, padahal BKS sangat kental dengan nama besar tokoh-tokoh Golkar dengan dominasi warna kuning.

"Sejak dulu warna SOKSI ya merah. Lambang keberanian. Tapi, merahnya di sini merupakan merah Pancasila. SOKSI hadir untuk menjalin tegaknya NKRI. Sedangkan bicara NKRI, tidak bisa dipisahkan dengan Pancasila," urainya di dalam memberikan pengarahan di acara pelantikan.

Acara pelantikan yang dimulai pukul 19.00 WIB, baru rampung sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah jajaran Ketua BKS serta pengurus. Nampak hadir salah satu artis Ibukota yang juga tergabung sebagai anggota, Zarimah Mirafsur. Ketua Panpel Mikael Mali SE SH MA merasa bersyukur acara berjalan lancar. Meski apresiasi terhadap media yang datang meliput acara hingga tengah malam, dirasakan masih kurang memuaskan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Nazaruli