Netral English Netral Mandarin
03:24wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Diet dengan Teh Safron, Turun 5 Kilo dalam Sepekan

Jumat, 28-Mei-2021 16:25

Teh safron mampu melancarkan peredaran darah.
Foto : SKW
Teh safron mampu melancarkan peredaran darah.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Cerita seorang anggota grup WhatsApp yang mampu menurunkan berat badannya lima kilogram dalam sepekan hanya dengan cara mengonsumsi teh safron secara rutin.

Menurut Febry, yang dilakukannya adalah pagi sebelum sarapan, minum safron tiga helai dengan air hangat. Selanjutnya perbanyak makanan asupan serat dan lemak sehat.

“Yang turpenting dalam melakukan diet ini adalah batasi konsumsi gula, garam dan karbohidrat, olahraga dan tentu saja minum safron tiga helai dengan air hangat sebelum makan malam,” ujar Febry, Jumat, (29/5/2021).

Kini beratnya hampir mendekati ideal, dengan tinggi 164, bobotnya sudah 67 dari 72 kilogram sebelumnya. “ Dengan diet teratur mengonsumsi safron bukan saja badan jadi lebih enak, tidurpun jadi lebih nyenyak."

Seperti diketahui, teh safron bukan hanya bisa dijadikan alternatif diet, tapi juga banyak memiliki manfaat kesehatan.

Dilansir dari manfaat herbal, berikut khasiat teh safron.

1. Antioksidan yang Kuat

Saffron kaya tanaman senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid dan bertanggung jawab atas warna merah saffron. Kedua senyawa tersebut mungkin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, memperbaiki peradangan, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat bada.

2. Memperbaiki Mood

Saffron dijuluki sunshine spice. Hal itu bukan hanya karena warnanya yang berbeda, tetapi juga karena dapat membantu mencerahkan suasana hati Anda.

Dalam tinjauan lima penelitian, suplemen saffron secara signifikan lebih efektif daripada plasebo dalam pengobatan gejala depresi ringan hingga sedang. 

3. Melawan Kanker

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker (11 sumber tepercaya).

Dalam studi tabung reaksi, saffron dan senyawanya telah terbukti membunuh sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, sementara membiarkan sel normal tidak terluka.

Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati