Netral English Netral Mandarin
00:23wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Dinilai Banyak Inovasi, Erick Thohir Kembali Angkat Awaluddin jadi Dirut AP II

Kamis, 09-September-2021 19:45

Dirut PT Angkasa Pura II M. Awaluddib.
Foto : Beritatrans
Dirut PT Angkasa Pura II M. Awaluddib.
29

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat kembali  Muhammad Awaluddin sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura II.

 Pengangkatan tersebut tertuang dalam surat keputusan bernomor SK-305/MBU/09/2021 tertanggal 9 September 2021 dan ditandatangani Menteri Erick Thohir.

Pengangkatan kembali anak Palembang tersebut, BeritaTrans.com dan Aksi.id menilai merupakan keputusan dua jempol.

 Di bawah komando Awaluddin, PT Angkasa Pura II tetap tangguh melalui dua kali tsunami trafik penerbangan, yakni akibat melonjaknya kurs dolar AS dan pandemi Covid-19.

Dilansir dari beritatrans, Kamis, (9/9/2021), Awaluddin dinilai banyak memberikan inovasi. Dengan sebarek-abrek inovasi layanan, terutama berbasis digital, pria penggemar ketan susu Kemayoran itu menggerakkan energi jajaran PT Angkasa Pura II untuk memberikan kepuasan terbaik kepada pelanggan dan paralel dengan usaha itu juga comply terhadap seluruh regulasi serta membangun soliditas kolaborasi  

Deretan inovasi itu berbuah manis. Salah satunya terus membaiknya peringkat Bandara Soekarno-Hatta di daftar Top 100 World’s Best Airport dari Skytrax.  

Pada 2016, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 63, lalu naik ke peringkat 44 (2017), peringkat 45 (2018), peringkat 40 (2019), peringkat 35 (2020), dan pada 2021 naik ke peringkat 34.

Dibutuhkan hanya dalam waktu lima tahun, Bandara Soekarno-Hatta dapat melompat sekitar 30 peringkat hingga kini ada di posisi 34. 

“Kami yakin pada tahun-tahun mendatang peringkat ini akan terus membaik seiring dengan transformasi yang dijalani, tutur Erick.

Operator bandara itu kini tengah menjalani transformasi digital yaitu Transformation 1.0 (2016 - 2020) dan saat ini Transformation 2.0 (2020 - 2024) yang mengambil tema The Great SHIFT 2024 guna fokus membuat perusahaan semakin adaptif terhadap global megatrends.  Di tengah transformasi yang sedang dijalani, AP II menghadapi tantangan terberat sepanjang masa bagi sektor penerbangan global: Pandemi global Covid-19. Dan BUMN itu dapat melaluinya dengan luar biasa. 

"Optimisme masa depan AP II terus memperkuat ketangguhan organisasi (resilience organization) dalam menghadapi pandemi ini, dengan menetapkan berbagai prosedur, di antaranya dalam mengatur pola dan norma bekerja, perlindungan bagi publik, pengaturan proses bisnis hingga fasilitas di bandara. 

 “Hasilnya, seluruh bandara AP II tetap beroperasi dengan baik di tengah pandemi, melayani berbagai penerbangan,” ucap Awaluddin.  

Dengan organisasi yang tangguh di tengah pandemi, AP II dapat menjalankan program pemulihan bisnis termasuk mendukung terwujudnya Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata. 

“Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung kami yakini dapat lebih memperkuat operasional serta mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan aviasi Indonesia, tentunya dengan memerhatikan seluruh regulasi yang ada," ungkapnya.

 Holding menciptakan koordinasi tunggal dalam pengembangan masterplan dan akan memaksimalkan keunggulan masing-masing anggota holding guna mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan aviasi.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P