Netral English Netral Mandarin
02:00 wib
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya tertular Covid-19 saat makan karena harus melepas masker. Ia pun mengimbau masyarakat menghindari makan-makan bersama orang lain. akan menggunakan GeNose, alat deteksi virus corona atau Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM), di sejumlah stasiun kereta api di Indonesia mulai 5 Februari 2021.
Diperkenalkan Presiden Jokowi, 6 Menteri Baru Kompak Berjaket Biru

Selasa, 22-December-2020 19:04

Presiden Jokowi memperkenalkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju.
Foto : Setkab
Presiden Jokowi memperkenalkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Maruf Amin, mengumumkan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (21/12/2020) di beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Bapak, ibu saudara-saudara pada sore hari yang berbahagia ini bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Presiden Jokowi seperti dilihat dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden kemudian memperkenalkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Satu per satu dipanggil untuk maju ke tempat duduk yang telah disediakan di depan Presiden dan Wapres.



Nama pertama yang dipanggil adalahTri Rismaharani. Ia ditunjuk Presiden menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.

"Saya kira kita tau semuanya, beliau adalah Walikota Surabaya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharani kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Presiden.

Kedua, Sandiaga Uno. Mantan cawapres itu ditunjuk menjadi Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

“Beliau adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan ketua umum Hipmi. Beliau akan kita memberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelas Presiden.

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

 “Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama Asahan Aluminium, dan Wakil Menteri BUMN. Dan sekarang kita beri tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” ucap Presiden.

Ke-empat Presiden memperkenalkan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama yang baru menggantikan Fachrul Razi.

"Beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP Ansor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Presiden.

Kelima, Sakti Wahyu Trenggono yang ditunjuk Presiden Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

“Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan, dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” tutur Presiden Jokowi.

Nama terakhir yang dipanggil Presiden adalah Muhammad Lutfhi. Ia ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

"Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Jepang, dan terakhir sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat. Sekarang akan kita diberikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan,” kata Presiden Jokowi.

Keenam menteri baru Kabinet Indonesia Maju yang diperkenalkan Presiden itu kompak mengenakan celana hitam, kemeja putih yang dibalut jaket biru.

"Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan pada sore hari ini. Dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi," tutup Presiden Jokowi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli