Netral English Netral Mandarin
19:37wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Disebut Kreatif, Mardani Minta Orang Pembuat Mural Jokowi Jangan Dihukum

Minggu, 15-Agustus-2021 15:30

Mardani Ali Sera
Foto : Istimewa
Mardani Ali Sera
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penghapusan mural wajah mirip Presiden Joko Widodo bertulis “404: Not Found”, menyisakan polemik. Sebagian besar publik memandang mural tersebut sebagai karya dari kreativitas dan tidak tepat dihapus.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga memberi penilaian atas langkah tindak lanjut yang diambil. Menurutnya, kalaupun ada yang tidak tepat pada mural, maka memberikan edukasi kepada pembuatnya akan lebih bijak daripada sekadar menghapus dan memburu seniman yang membuat lukisan itu.

"Mural adalah ekspresi kreatif, baiknya edukasi dan literasi saja," katanya kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Pada sisi lainnya, Mardani menitipkan pesan agar siapapun seniman mural agar menjaga adab. Pasalnya, setiap simbol dan gambar bisa diartikan berbeda.

"Kreativitas memang kadang menyentuh hal-hal yang sensitif dan itu tergantung tafsirnya. Saya mendukung semua kreativitas dan tetap jaga adab," terangnya.

Lanjut anggota Komisi II DPR RI ini, jika pada akhirnya pemerintah melalui penegak hukum menemukan pembuat mural itu, sebaiknya dilakukan pembinaan secara edukatif atau tidak menempuh jalur hukum.

"Anak-anak kreatif jangan dihukum, tapi diajak dialog," tandasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani