Netral English Netral Mandarin
10:49wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
DLH DKI Bakal Tindaklanjuti Laporan Pencemaran di Teluk Jakarta

Sabtu, 02-Oktober-2021 11:00

Pencemaran Teluk Jakarta
Foto : Istimewa
Pencemaran Teluk Jakarta
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta yang telah mendapat laporan tersebut akan menindaklanjuti adanya pencemaran yang terjadi Teluk Jakarta dan Ancol.

Diketahui, sebuah penelitian menyebutkan wilayah Teluk Jakarta dan Ancol tercemar limbah berupa paracetamol dengan konsentrat tinggi. Pengambilan sampel pada air laut pun, dilakukan sebagai penguat penelitian. 

"Kita terimakasih kepada para peneliti yang mau meneliti kualitas air laut. Nanti kita dalami, kita telusuri di mana sumbernya dan akan membuat kebijakan-kebijakan untuk mengatasinya," kata Humas DLH, Yogi Ikhwan, Jumat (1/10/2021).

Ia mengatakan penelitian untuk memantau kualitas air laut di Jakarta sering dilakukan. Namun, parameter paracetamol tidak pernah digunakan.

Sebelumnya Wulan Koagouw peneliti Oseanografi LIPI bersama beberapa peneliti lainnya membuktikan adanya pencemaran limbah laut tersebut. 

"Di sini kami mendeteksi parasetamol di dua lokasi di Teluk Jakarta: Angke dan Ancol. Sepengetahuan kami, tingkat parasetamol dilaporkan di sini (610 ng/L terdeteksi di Angke) adalah salah satu konsentrasi tertinggi," ungkap para peneliti.

Ini adalah studi pertama yang menganalisis gambaran kualitas air laut berkaitan dengan kontaminasi parasetamol di perairan pesisir sekitar Indonesia. Meski begitu, para ilmuwan menyebut studi gambaran awal ini masih membutuhkan analisis lebih lanjut.

"Mengingat pertimbangan obat-obatan sebagai kontaminan yang muncul, data ini menunjukkan penyelidikan lebih lanjut diperlukan," kata mereka. 

Setidaknya data ini menjadi gambaran awal terhadap kualitas air laut di daerah-daerah Indonesia.

"Data yang disajikan dalam studi pendahuluan ini memberikan gambaran kualitas air laut di daerah-daerah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter nutrisi melebihi batas Baku Mutu Air Laut Indonesia, dan beberapa logam juga ada," tulisnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani