Netral English Netral Mandarin
15:18wib
Barcelona yang tumbang di tangan Bayern Munich sehingga dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions 2021-2022. Hasil analisis dan investigasi penyidik Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terhadap beberapa kecelakaan bus Transjakarta menunjukkan sebagian besar disebabkan oleh faktor kesalahan manusia.
Dongkrak Penampilan dan Kenyamanan Berkendara, Inilah Kelebihan Menggunakan Velg Alloy

Sabtu, 17-Juli-2021 14:20

netclipart.com
Foto : Ilustrasi velg mobil.
netclipart.com
38

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu komponen penting pada mobil adalah velg. Tak hanya untuk menambah keren penampilan, dari sisi performa berkendara, velg turun menjadi bagian penting.

Perlu diketahui bahwa velg alloy dan velg kaleng adalah 2 jenis velg mobil yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia pada saat ini.

Banyak sekali pabrikan otomotif yang memakai velg kaleng untuk mobilnya, karena dianggap memiliki biaya yang lebih ringan.

Namun tren penggunaan velg kaleng sudah mulai beralih, karena banyak pabrikan yang sudah menggunakan velg alloy untuk menunjang mobil barunya.

Ada pabrikan yang menjadikan velg alloy sebagai standar kualitas dan ada juga yang ditawarkan sebagai perlengkapan untuk operasional.

Secara umum, alloy adalah kombinasi antara 2 atau lebih elemen yang salah satunya logam dan biasanya akan menghasilkan properti yang metalik. Alloy biasanya dihadirkan untuk membuat mobil lebih baik dibandingkan dengan komponen pembentuknya.

Velg alloy biasanya akan memberikan akselerasi yang sangat bagus dibandingkan dengan velg kaleng, karena velg alloy punya bobot yang lebih ringan. Mobil juga bisa melaju dengan lebih cepat dan terkendali.

Nah, berikut ini adalah kelebihan dari velg alloy tersebut, seperti dikutip dari laman wuling.id, Sabtu (17/7/2021), yaitu:

1. Bagian unsprung ringan

Keuntungan utama dari penggunaan velg alloy adalah memiliki unsprung yang lebih ringan jika dibandingkan dengan velg kaleng. Hal ini sangat berkaitan dengan berat ban, bantalan, roda dan rem pada mobil. Dengan menggunakan unsprung yang ringan, tentu mobil bisa mempertahankan kontaknya dengan jalanan.

Apabila berat unsprung menurun, maka suspensi mobil bisa melakukan reaksi dengan lebih cepat dan bisa memperbaiki traksi atau gaya gesek yang maksimal. Biasanya akan dihasilkan dari 2 permukaan tanpa mengalami kondisi slip.

2. Ringankan sparepart yang bergerak

Spare part yang bergerak sangatlah penting untuk diperhatikan dan usahakan supaya memiliki berat yang ringan. Dengan menggunakan velg alloy biasanya akan meringankan sparepart yang bergerak, sehingga performa mobil bisa lebih stabil saat melaju.

Velg alloy juga akan membuat kendaraan memiliki berat keseluruhan yang lebih ringan dan akhirnya akan menghasilkan efisiensi dari segi bahan bakar. Selain itu juga akan meningkatkan performa mobil dari segi pengereman dan akselerasi.

3. Pengereman yang maksimal

Velg alloy bisa membuat baret kendaraan menjadi lebih ringan dan bisa membantu dalam peningkatan performa rem mobil, meskipun berat bukan menjadi satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap kinerja rem.

Velg alloy sangatlah efektif untuk meredam panas dibandingkan dengan velg kaleng, karena komposisi velg kaleng mampu menghantarkan panas. Dengan pengereman yang lebih ringan tentu kegagalan proses pengereman menjadi lebih kecil dan membuat mobil tetap aman di perjalanan.

4. Pilihan ban yang banyak

Jika Anda memiliki mobil yang menggunakan velg alloy, maka Anda tidak perlu khawatir dengan pilihan ban yang bisa dipakai. Velg alloy cocok untuk berbagai jenis ban, sehingga sangat menguntungkan untuk dipakai. Velg alloy bisa meningkatkan respons stir dengan sangat baik dan bisa mengurangi distorsi dengan baik.

Tidak hanya itu, penggunaan ban yang lebih lebar juga akan mengurangi rolling resistance yang bisa menyebabkan efisiensi bahan bakar dan akan membuat akselerasi menjadi lebih mudah. Velg alloy juga bisa memungkinkan para pengendara menyesuaikan mobil dengan sistem pengereman, sehingga bisa berkendara dengan lebih aman.

 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi