Netral English Netral Mandarin
12:02wib
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan pemerintah agar tak mengangkat anggota TNI atau polisi aktif sebagai penjabat gubernur. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan sebanyak 58,1 persen masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
DPD Apresiasi Kinerja BNN Dalam Pemberantasan Narkoba

Sabtu, 20-Februari-2021 03:40

Wakil Ketua DPD, Sultan B Najamudin
Foto : Humas DPD
Wakil Ketua DPD, Sultan B Najamudin
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua DPD, Sultan B Najamudin, mengapresiasi kinerja Badan Narkotika Nasional (BNN) yang berkolaborasi dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) atas keberhasilan menggagalkan aksi penyelundupan dan peredaran narkoba jenis sabu sebanyak 466 kg di wilayah Kepulauan Seribu pada Rabu (17/2/2021).

"Sebagai lembaga perwakilan daerah, kami mengapresiasi langkah progresif BNN yang berkolaborasi dengan Bakamla dalam menggagalkan peredaran narkoba dalam jumlah besar ini," kata Sultan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (19/02/2021). 

Menurutnya, Keberhasilan BNN dalam mengungkapkan beberapa kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba beberapa hari terakhir tidak terlepas dari instruksi presiden nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

"Bapak Presiden sudah menunjukan komitmen beliau dengan inpres yang luar biasa tersebut. Bahwa kejahatan luar biasa harus dilawan dengan cara-cara yang luar biasa pula, dan kami kira inpres tersebut sudah cukup menunjukan efektivitasnya," ujar Sultan. 

Perederan dan penggunaan narkoba di Indonesia, ungkap senator asal Bengkulu itu, sudah berada pada level yang sangat memprihatinkan. Bahkan secara sistematis melibatkan pihak keamanan. 

Mengutip data UNODC, Sultan menyebut sebanyak 275 juta atau 5,6 persen dari penduduk dunia usia 15 sampai 65 tahun pernah mengonsumsi barang haram ini.

"Apa yang menimpa salah satu Kapolsek di Bandung kemarin benar-benar menggelisahkan publik. Dan secara jelas mengkonfirmasi bahwa kejahatan atas penyalahgunaan Narkoba sudah menjalar di seluruh segmentasi ruang kehidupan bernegara kita. Jadi mari bersama untuk berkewajiban dalam melindungi generasi bangsa dari narkoba," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani