Netral English Netral Mandarin
07:21wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Dr Tirta Pamerkan Kondisi Parunya yang Parah, Tak Diduga Begini Keadaannya

Senin, 08-Februari-2021 07:12

Tirta Mandira Hudhi, akrab disapa Cipeng atau dr Tirta
Foto : Instagram
Tirta Mandira Hudhi, akrab disapa Cipeng atau dr Tirta
31

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tirta Mandira Hudhi, akrab disapa Cipeng atau dr Tirta menunjukkan kondisi paru-parunya yang parah. Meski demikian, dr Tirta mengaku memaksakan aktivitas kerjanya terlalu berlebihan. 

"Ini adalah kondisi paru paru saya skrng. Parah tapi saya memaksakan aktivitas kerja overload. Hidup harus mati2 an bosku. tembus limit," ujar dia, dikutip dari unggahannya, Senin (8/2/2021).

Pria berkacamata ini jabarkan bahwa paru-paru nya alami keadaan emfisema, batuk selama tiga bulan, sputum putih, dan saturasi maksimal 90 persen.

"Swab pcr negatif alhamdulillah 

jantung udah tear drop 

corakan bronkovaskuler meningkat jelas baik basal dan cephal 

diafragma menurun," ungkap pengusaha sepatu ini.

Dia bahkan ungkap, normalnya penampakan paru-paru tersebut bagai milik orang tua berusia 50 tahun ke atas. Padahal saat ini usianya baru menginjak 29 tahun. 

"Kok bisa saya separah ini? Karena saya dulu tbc d usia 8 tahun selama 1 tahun. Cavitas 2 biji sebelah kiri, ditambah saya perokok berat. Jadi paru skrng ya jeblok," jelas dia.

Apabila keadaan paru-paru dan jantung yang sudah tidak baik demikian, kemungkinan gagal jantung kanan besar.

Tampakan Elektrokardiogram (EKG) jantung diperkirakannya Right Bundle Branch Block (RBBB) dan dalam waktu dekat curiga ada angina. 

"Faktor resiko saya terkena covid, itu besar sekali. Jika kena pasti auto mokad hahaha. Untung aja idup," ujar dia.

Diketahui dr Tirta, dengan keadaan paru-paru demikian, prognosisnya tentu buruk. Meski demikian, dirinya mengaku sadar diri dan nekat atasi pandemi dengan mati-matian.

Pria bertato ini lantas imbau masyarakat bersyukut memiliki paru-paru yang sehat. Dia imbau, jangan sampai anak muda mengalami keadaan paru-paru yang parah seperti dirinya. Terutama mereka yang merokok, diminta untuk waspada.

"Saya cuma cerita, berusahalah semaksimal mngkin demi kebaikan. Meski 1 dunia juga menghujatmu. Apalagi soal usia, ga ada yg tau. Ga perlu arogan kalo sehat. Karena banyak orng yg paru2 nya kaya saya," ujar dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati