Netral English Netral Mandarin
09:29wib
Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto minta lakukan peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sebesar 30-40 persen.
Usai Puji Serial 'Ini Budi' karena Tanamkan Kebhinekaan, DS Sindir Angga Sasongko kok Malah Bikin Mesin Propaganda HTI

Selasa, 06-April-2021 19:48

Denny Siregar
Foto : Istimewa
Denny Siregar
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Akhirnya, ada lagi serial animasi asli buatan Indonesia yang akan hadir dan diharapkan bisa menjadi hiburan bagi anak-anak dengan konten menanamkan nilai-nilai kebhinekaan. Serial tersebut bertajuk “Ini Budi”. 

Pegiat media sosial Denny Siregar menanggapi positif berita tersebut. Namun di sisi lain, ia juga menyindir pihak lain yang menurutnya dianggap menyuarakan prapaganda HTI.

Seperti yang sudah-sudah,  Denny sering menganggap film Nussa dibidani oleh Ustaz Felix Siauw merupakan produk hiburan berisi propaganda Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Oleh sebab itu, Denny Siregar beberapa kali mempertanyakan hal ini ke produser Film Nussa, Angga Dwimas Sasongko.

Dengan terbitnya “Ini Budi”, Denny mengingatkan Angga tentang pentingnya menanamkan nilai kebhinekaan. 

“Gini dong bikin film animasi  @anggasasongko. Perduli pada negeri dgn angkat tema kebhinnekaan. Kok mau2an aja jadi mesin propaganda HTI,” tulis Denny, Selasa (6/4/21).

Semenytara sebelumnya diberitakan, Robert Ronny, pendiri Paragon Pictures, menjelaskan bahwa ia adalah salah satu orang yang mencetuskan dibuatnya seri animasi Ini Budi.

"Awalnya, kita lihat konten anak Indonesia yang dibuat oleh animator Indonesia itu masih kurang. Setelah diskusi singkat, akhirnya kita buat serial animasi ini," ungkap Robert dalam konferensi pers virtual, Senin (5/3).

Robert Ronny juga berkata bahwa ia adalah orang yang menginisiasi kata Ini Budi sebagai judul animasi. Dirinya terinspirasi dari buku pelajaran membaca yang didapatnya di sekolah.

"Saya ingat banget, nama Budi itu amat sangat Indonesia, ya. Jadi, pas proses mencari judul, daripada cari sesuatu yang susah, lebih baik kita balik ke roots kita untuk memudahkan," kata Ronny.

"Kata Ini Budi, kan, juga sudah dikenal banget dari buku belajar membaca anak dan Indonesia banget. Jadi, ini bisa memberi tahu kalau ini tayangan anak Indonesia dan dibuat oleh orang Indonesia," sambungnya.

Mengenai tema, tim sepakat untuk mengangkat tentang Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan dari negara Indonesia. Ronny menjelaskan alasannya

"Saya rasa, kebhinnekaan itu sudah harus ditanamkan sejak kecil. Untuk anak, saya rasa cara yang paling efektifnya adalah melalui animasi 3D," tuturnya.

Produser dari Paragon Pictures, Ellen, menjelaskan bahwa Ini Budi akan terdiri atas 24 episode yang masing-masing berdurasi satu menit. Menurutnya, durasi singkat itu adalah yang paling tepat untuk Ini Budi.

"Karena ini akan tayang di Instagram dan YouTube, jadi durasi segitu pas sekali. Biarpun terkesan pendek, semoga orang bisa terima message-nya. Semoga juga bisa diikuti dengan seru dan semoga komedinya bsa diterima ya," ujarnya seperti dilansir Kumparan.com.

Ellen pun sempat sedikit menceritakan berapa lama proses penggarapan seri animasi Ini Budi. Ternyata, proses yang dilakoni cukup panjang.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto