Netral English Netral Mandarin
09:33 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Duga 6 Laskar FPI Dibunuh dan Dibantai, Fadli: Usut Pelakunya dan Copot Atasannya

Senin, 07-December-2020 22:30

Fadli Zonm Anggota DPR.
Foto : Yotube Fadli Zon
Fadli Zonm Anggota DPR.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Partai Gerindra Fadli Zon menduga, enam laskar Front Pembela Islam (FPI) yang mengawal Habib Rizieq Shihab (HRS), dibunuh dan dibantai. 

Karena itu, Fadli mendesak agar kasus ini diusut tuntas untuk mengungkap siapa pelakunya. Jika benar ada oknum polisi yang melakukan pembantaian itu, lanjut Fadli, maka atasannya harus dicopot.

"Dari baca berita dan keterangan yang ada, saya menduga bahwa 6 anggota laskar  FPI ini dibunuh dan dibantai. Usut siapa pelakunya. Atasannya harus dicopot dan bertanggung jawab," tulis Fadli di akun Twitternya, Senin (7/12/2020).



Sebelumnya, enam laskar yang mengawal Habib Rizieq dikabarkan ditembak mati oleh polisi di Tol Jakarta-Cikampek km 50 pada Senin (7/12/2020) dini hari tadi.

Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, penembakan itu dilakukan anggotanya karena diserang oleh pengikut Habib Rizieq.

"Terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS (Muhammad Rizieq Shihab) yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10.00 WIB," kata Fadil dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (07/12/2020) siang.

Fadil membeberkan, kendaraan aparat dipepet dan diberhentikan oleh dua kendaraan pengikut Habib Rizieq. Para pengikut HRS yang berjumlah 10 orang melakukan penyerangan dengan menodongkan senjata api dan senjata tajam.

"Karena membahayakan keselamatan jiwa petugas pada saat itu, kemudian petugas melakukan tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan enam orang penyerang meninggal dunia dan empat orang lainnya melarikan diri," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum FPI Munarman menyebut, anggota laskar FPI dibunuh di tempat lain. Pasalnya, Munarman mengaku sempat mengecek di tempat kejadian perkara (TKP) dimaksud pada pukul 03.00 WIB, namun tidak ada jenazah, mobil laskar FPI atau pun keramaian di tempat tersebut. Tapi yang ada hanya petugas aparat.

"Kalau itu memang tembak menembak, dan tewas di tempat, itu pasti ada jenazah di situ. Pasti butuh proses lama untuk evakuasi di situ. Tetapi ini tidak ada," ujar Munarman dalam konferensi pers di Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2020).

"Bahkan perlu diketahui ini, sempat salah satu laskar mengirimkan voice note rintihan dari salah satu laskar kami yang ditembak. Itu artinya apa? Itu artinya laskar kami dibawa ke satu tempat dan dibantai di tempat itu. Dibantai di tempat lain," ungkapnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP