Netral English Netral Mandarin
00:16wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Duh, Tutup Sumur Resapan Ambles, Pengendara Hampir Cilaka, Netizen Kritik Anies

Kamis, 02-December-2021 09:20

Pembuatan sumur resapan air di kawasan Senayan Jakarta
Foto : Jawa Pos
Pembuatan sumur resapan air di kawasan Senayan Jakarta
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Keberadaan sumur resapan di i Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan ramai menjadi sorotan publik. Pasalnya, tutup sumur ambles dan pengendara hampir cilaka. 

Di akun FB Mak Lambe Turah, Kamis 2 Desember 2021, banyak netizen mempersoalkan hal itu sehingga mereka mengritik kebijakan Gubernur Anies Baswedan.  

MLT: “Cilaka 12.”

Eko Setiawan: “bahagia Aniesnya, ke jeblos warganya.”

Andre Aswin: “Sumur resap pemotor. Gak cuma air, pengendara ikutan diresap.”

Ani Purbalingga: “Sumur resapn buknny d bikn d trotoar yach?kl d biknny d jln ya emng bhya buat pengguna jln.”

Cahyo Toan: “SIBUK FORMULA E....... NGGA SEMPAT.”

 Rangga Aditya: “Wah ini salah jokowi ini rezim thogut bla bla bla.”

Untuk diketahui, tutup dua sumur resapan yang berada di Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, ambles sehingga diberi pot tanaman dan dua ban bekas.

Seorang warga setempat bernama Quraf (40) mengatakan, sebelum pot tanaman dan dua ban bekas ditaruh di atas tutup sumur resapan yang ambles, banyak pengendara motor hampir celaka.

Para pengendara motor umumnya kaget ketika roda kendaraan melintas di atas tutup sumur resapan yang ambles.

"Banyak motor kalau melintas itu kaget, karena posisi (tutup sumur resapan) tidak merata dengan jalan," kata Quraf seperti dinukil msn.com, Selasa (30/11/2021).

Quraf mengatakan, para pengendara motor hampir celaka karena tidak melihat tutup sumur resapan ambles yang terhalang mobil di depannya.

"Ini (tutup sumur resapan) dikolongi mobil, sedangkan motor melintas di belakang mobil, jadi kaget. Belum lagi ada yang berusaha menyalip, kemudian kaget akhirnya tidak jadi (menyalip)," ucap Quraf.

Warga lainnya, Agus, mengatakan bahwa tutup sumur resapan yang ambles itu sangat berbahaya bagi pengendara karena lokasinya berada di tengah jalan.

"Banyak motor yang lihat akhirnya menghindar. Mereka mengambil lajur kanan yang aspal mulus," ucap Agus.

Agus berharap, tutup sumur resapan yang ambles dapat segera diperbaiki secepatnya.

"Jangan sampai niat baik ingin menyelesaikan masalah banjir, tapi timbul masalah baru. Harapannya harus diperbaiki secepatnya," ucap Agus.

Sebelumnya, permasalahan sumur resapan juga terjadi di Jalan Intan, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Penutup sumur resapan di kawasan itu jebol meski baru dibangun.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal beralasan, penutup sumur resapan yang jebol itu adalah tutup sementara.

Baca juga: Tutup Sumur Resapan di Cilandak Jebol padahal Baru Dibangun, Ini Alasan Dinas Sumber Daya Air DKI

"Penutup drainase vertikal di Jalan Intan yang rusak tersebut adalah penutup sementara, saat ini oleh vendor yang bersangkutan sedang dilakukan perbaikan dan penggantian penutup jenis heavy duty (beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas,” kata Yusmada dikutip dari situs resmi PPID DKI Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Dalam foto yang diunggah di situs PPID DKI, tampak penutup sementara yang jebol itu sudah dicabut. Tiga pekerja terlihat tengah memasang penutup yang baru.

Yusmada beralasan, penutup sementara itu awalnya dipasang karena sumur resapan di Jalan Intan masih dalam proses pengerjaan.

“Saat ini pekerjaan drainase vertikal masih dalam masa konstruksi yang menjadi tanggung jawab vendor/rekanan pelaksana yang bersangkutan," kata Yusmada.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi