Netral English Netral Mandarin
20:20wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Dukung Aksi 'Jokowi End Game', Novel Bamukmin: Karena Rezim Ini Gagal Total

Sabtu, 24-Juli-2021 08:25

Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
Foto : Istimewa
Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mendukung aksi nasional bertajuk 'Jokowi End Game' yang rencananya digelar hari ini di Istana Negara.

Menurutnya, aksi tersebut merupakan hak kebebasan warga negara yang dilindungi konstitusi, sebagaimana diatur dalam dalam Pasal 28 UUD 1945 dan UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Saya pribadi mendukung gerakan tersebut, semoga berjalan lancar sesuai konstitusi yang ada sebagaimana dilindungi oleh Pasal 28 UUD 45 tentang kebebasan berpendapat di muka umum dan sejalan dengan HAM," kata Novel kepada netralnews.com, Sabtu (24/7/2021).

Alasan Novel mendukung aksi tersebut, karena menurutnya rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah gagal total dan membawa bangsa ini menuju kebangkrutan serta perpecahan.

"Rezim ini telah gagal total membawa negara kepada kesejahteraan, namun hasil yang ada menuju kebangkrutan dan perpecahan anak bangsa," ujarnya.

Atas kegagalan itu, lanjut Novel, seharusnya Presiden Jokowi mengundurkan diri karena sudah tidak dipercaya rakyat. Ia merujuk pada TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.

"Sesuai TAP MPR Nomor 6 tahun 2001 bahwa presiden kalau sudah tidak  dipercaya maka wajib mundur," ungkap Novel Bamukmin.

Sebelumnya, beredar di media sosial poster Seruan Aksi Nasional bertajuk Jokowi End Game. Poster tersebut berisi ajakan kepada masyarakat untuk turun ke jalan menolak kebijakan PPKM dan menghancurkan oligarki istana.

Disebutkan bahwa aksi massa itu akan digelar pada 24 Juli 2021 hari ini, dengan melakukan long march dari Glodok ke Istana Negara.

“Seruan Aksi Nasional Jokowi End Game: mengundang seluruh elemen masyarakat!! Untuk turun ke jalan menolak PPKM dan menghancurkan oligarki istana beserta jajarannya,” demikian seruan dalam poster yang viral pada Jumat (23/7/2021).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P