Netral English Netral Mandarin
06:29wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Dukung Gage, DPRD DKI Minta Warga agar Patuh

Jumat, 13-Agustus-2021 06:00

Pemberlakuan Ganjil Genap
Foto : Istimewa
Pemberlakuan Ganjil Genap
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarif meminta, warga untuk mendukung kebijakan ganjil genap (gage) sebagai pengganti penyekatan pembatasan wilayah yang kembali dibuka dimasa PPKM. 

"Ini kebijakan bagus perlu didukung dan dipatuhi warga, karena kebijakan ini dalam rangka membatasi mobilitas warga," kata Syarif dihubungi, Kamis (11/8/2021).

Menurutnya, pembatasan mobilitas  selama PPKM sendiri merupakan bentuk ikhtiar atau upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus Corona. 

Dan terbukti, dengan adanya penurunan positif rate selama masa PPKM, membuat sejumlah aturan pun mulai dilonggarkan .  

"Tapinya pelonggaran itu harus ada alat dan instrumennya agar tetep terjaga penurunannya, dan salah satu instrumennya itu ganjil genap . Warga dengan kendaraan plat genap di tanggal genap, dan warga berplat ganjil di tanggal ganjil," jelasnya. 

Dengan adanya aturan tersebut, maka mobilitas warga pun dapat ditekannya. Dan kepada masyarakat juga, dihimbau untuk tetap di rumah bila tidak ada aktivitas atau kegiatan yang sangat diperlukan 

Sementara itu, terkait keefektifannya aturan Gage dimasa PPKM sendiri, Syarif menyebutkan perlu adanya monev (monitoring dan evakuasi) setiap harinya yang perlu dilakukan Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya.

"Tunggu hari kedua, ketiga Monevnya, kalau menunjukan hasil positif maka perlu dilanjutkan.  Sebaliknya, kalau hasilnya negatif maka Dishub dan Polda Metro Jaya perlu mencari cara lainnya," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, mulai tanggal 12 - 16 Agustus 2021, Pemprov DKI kembali menerapkan ganjil genap disejumlah ruas jalan Ibukota.

Adapun, waktu yang ditetapkannya sejak pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 20:00 WIB.

"Kami akan memberlakukan kembali Kawasan Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap pada ruas-ruas jalan tertentu," terang Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Kamis (11/8/2021).

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani