Netral English Netral Mandarin
13:17wib
Pemerintah batal menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru. Pemerintah akan memperketat syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri selama Natal dan Tahun Baru.
Dulu Kumuh, Sekarang Lima Objek Wisata Ini jadi Keren

Minggu, 17-Oktober-2021 06:00

Tempat wisata yang instagramable
Foto : IDN Times
Tempat wisata yang instagramable
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak tempat wisata.Mulai dari wisata darat maupun air. Bahkan sungai yang tadinya kumuh pun dapat disulap menjadi objek wisata yang keren dan Instagramable.

Berikut beberapa objek wisata air yang dulunya adalah sungai kumuh, dilansir dari IDN Times.

Kali Bladon 

Terletak di kawasan Brangsong, Kendal, Jawa Tengah, air di Kali Bladon memang terkenal jernih. Di sini, wisatawan bisa bersantai di pinggir sungai, menyewa rakit, tiduran di atas sungai menggunakan laybag biru.

Awalnya sungai ini biasa digunakan penduduk untuk irigasi atau pengairan. Namun siapa sangka saat ini Kali Bladon menjadi tempat wisata yang hits. Setelah dilakukannya revitalisasi keindahan sungai ini langsung terkenal di media sosial.

Wisata Air Talulobutu

Saluran irigasi lainnya yang disulap menjadi tempat wisata adalah Sungai Toino. Sungai ini berada di Desa Talulobuto, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Awalnya sungai ini hanyalah irigasi tua, namun sekarang menjadi spot liburan yang cantik.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati aliran Sungai Toino yang sudah bersih dari atas sepeda air, odong-odong terapung, hingga meja terapung. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, mulai Rp.5 ribuan untuk orang dewasa.

Tukad Bindu

Mulanya sungai ini merupakan sungai yang kotor dan terkesan menyeramkan. Sungai ini merupakan aliran sungai yang melintas di Desa Kesiman, Denpasar.

Kini Tukad Bindu memiliki air yang bersih dan menjadi tempat wisata yang keren. Bahkan sempat didatangi peserta Annual Meeting IMF-World Bank. Anak-anak dan orang dewasa bisa berenang disini. Bagi kamu yang enggan membasahi tubuh bisa bersantai di pinggir sungai sambil menikmati anekan makanan dan minuman.

Tukad Badung

Sungai lainnya di Denpasar yang disulap menjadi tempat wisata adalah Tukad Badung. Tempat wisata ini berada di Jalan Gajah Mada, Denpasar, diapit oleh Pasar Seni Kumbasari dan Pasar Badung.

Jika kamu mengunjungi tempat ini, nantinya kamu akan disuguhi dengan kawasannya yang asri dengan aneka tanaman dan pohon palem yang menghiasi kiri dan kanan sungai. Saat malam, Tukad Badung akan semakin terlihat indah dengan hiasan lampu warna-warni dan air mancur. Sebelumnya Tukad Badung adalah sungai yang kotor dengan air yang keruh. Karena letaknya yang berada di pasar banyak penduduk yang membuang sampah sembarang di sini.

Sungai Cikapundung

Sungai ini awalnya memiliki air yang keruh dan tidak terurus. Banyak sampah di aliran sungainya. Kawasan ini makin terlihat kumuh dengan adanya bangunan bangunan liar yang berdiri di bantaran sungai.

Pada tahun 2013 kemudian diadakan revitalisasi  dan restorasi di bantaran Sungai Cikapundung. Selesai sekitar tahun 2015, kawasan sungai ini kini telah menjadi salah satu alternatif wisata di Kota Kembang.

Sejumlah fasilitas tersedia di sini, termasuk amphitheatre untuk pentas seni, perahu karet, hingga kolam terapi ikan. Bagi kamu yang suka berfoto, banyak juga ditemukan spot foto yang Instagramable. 

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi