Netral English Netral Mandarin
14:58 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Prabowo – Sandi Reuni di Kabinet Jokowi, Eko: Sebetulnya Mereka Cuma Mau Jadi Menteri Aja Kok

Rabu, 23-December-2020 15:40

Pegiat Medoa Sosial Eko Kuntadhi
Foto : Istimewa
Pegiat Medoa Sosial Eko Kuntadhi
0

 

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menyindir Prabowo – Sandiaga Uno yang kini kompak menjadi bagian dari pembantu Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Membangun. Padahal keduanya dulu adalah rival dari Joko Widodo di Pilpres 2019. Dengan nada satir, Eko bahkan mengatakan bahwa jika Prabowo – Sandi kembali mencalonkan diri di Pilpres 2024, maka sebetulnya, target utama mereka hanyalah menjadi menteri saja.

“Jika Pemilu depan Prabowo atau Sandi mau maju lagi di Pilpres. Sebetulnya mereka cuma mau jadi menteri aja, kok...” tulis Eko di akun Twitternya, Rabu (23/12/2020).



Rival Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno , masuk kabinet Indonesia Maju secara bertahap. Beragam tanggapan bermunculan, termasuk dari politikus yang mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 .

Sindiran yang sama juga dilontarkan oleh Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. Mardani yang jadi Inisiator Gerakan #2019 Ganti Presiden dan partainya jadi salah satu pengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019, mengatakan jika kompetitor masuk kabinet adalah pelemahan untuk demokrasi.

"Pertama, ini eksperimen pertama. Kompetitor diajak masuk kabinet. Bagi demokrasi ini bisa melemahkan karena membentuk persepsi bahwa pada akhirnya kekuasaan yang jadi tujuan," ujar Mardani Ali Sera seperti dilansir dari sindonews, Rabu (23/12/2020).

Dia menuturkan, seharusnya untuk menyehatkan demokrasi semua figur dan partai pendukung Prabowo dan Sandi menguatkan barisan #KamiOposisi agar ada checks and ballance yang seimbang. "Ini akan sehat bagi kebijakan publik yang dihasilkan karena ada kontrol dan pengawasan yang kokoh," ujar anggota Komisi II DPR RI ini.

Kedua, kata Mardani, bagi personal para menteri yang terpilih tentu perlu diberikan kesempatan untuk bekerja 100 hari pertama dengan benar dan cepat mendeliver janji Presiden Jokowi.

Diketahui, Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan sejak awal Kabinet Indonesia Maju . sedangkan Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio pada momen reshuffle kabinet. Sandiaga dan lima menteri baru lainnya akan dilantik hari ini.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati