Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:43wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Tiga Pantai Cantik di Calon Ibu Kota Baru Panajam

Selasa, 04-Mei-2021 04:00

Keindahan Pantai Gusung, di Panajam.
Foto : Jejak Piknik.
Keindahan Pantai Gusung, di Panajam.
2

PANAJAM, NETRALNEWS.COM - Calon ibu kota baru Panajam Paser Utara, ternyata menyimpan tempat indah dan cantik sebagai destinasi wisata alam.

Tengok saja sedikitnya ada empat pantai yang indah dan masih sedikit perawan. Keempat pantai indah ini adalah:

Pantai Sipakario

Pantai Sipakario merupakan satu wisata di Penajam Paser Utara di antaranya sekian banyak pantai yang terdapat di sepanjang garis pantai kelurahan Nipah Nipah. 

Kelurahan nipah nipah memiliki garis pantai sepanjang 8 km, karena  tempatnya yang strategis tepat berada di Teluk Balikpapan.

Di pantai ini ada spot foto cantik, yakni Jembatan. Jembatan ini sebenarnya merupakan penghubung dari tempat parkir menuju bibir pantai. 

Di jembatan ini pula, kalian akan langsung disuguhi pemandangan pantai di Teluk Balikpapan. Namun karena posisinya yang indah membuat jembatan ini juga bisa menjadi lokasi berfoto yang cantik.

Di sepanjang pantai wisata di Penajam Paser Utara ini, pengelola memasang banyak spot foto. Tersedia spot foto mulai dari kupu-kupu hingga tulisan LOVE raksasa.

Selain jadi lokasi foto yang estetik, perahu ini juga bisa kalian sewa untuk menyusuri pantai. Tentunya menggunakan pelampung agar lebih safety.

Pantai Corong

Pantai Corong memiliki berbagai macam daya tarik. lokasi wisata di Penajam Paser Utara ini memilki  hamparan pasir putih hingga deretan pohon kelapa yang pasti akan membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.

Pada-hari-hari libur, pantai ini ramai didatangi pengunjung dengan berbagai aktivitas pantai yang mereka lakukan. Mulai berenang bersama keluarga, piknik dan sebagainya. Tak sedikit juga pengunjung sekedar berlibur menikmati keindahan pantai ini.

Secara potensial, pantai wisata di Penajam Paser Utara ini memiliki berbagai macam daya tarik. Mulai hamparan pasir putih yang membentang puluhan kilometer hingga deretan rapi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi teduh dan menarik.

Pengunjung mengungkapkan alasan mereka menyukai pantai corong, selain hamparan pantai yang indah, alam yang ada di pantai ini masih tampak asri dan nyaman.

Lokasi wisata pantai corong ini kerap dijadikan lokasi tempat penyelenggaraan event skala lokal maupun nasional hingga internasional. Salah satu acara besar tahunan yang diadakan kabupaten Penajam Paser Utara di pantai corong adalah festival layang-layang Internasional.

Dilansir dari laman jejakpiknik, objek wisata di Penajam Paser Utara ini menawarkan berbagai pesona yang dapat menenangkan hati yang menikmatinya. Salah satu kenikmatan yang pengunjung dapat nikmati ketika berkunjung ke tempat wisata ini adalah keindahan pantai tanjung dengan angin sepoi-sepoi sambil menikmati minuman es kelapa muda.

Salah satu keunggulan pantai ini adalah adanya pepohonan kelapa yang tumbuh di sepanjang bentangan pantai yang menambah keindahan suasana pantai. Keberadaan pepohonan kelapa di pantai ini menciptakan suasana sejuk ditambah dengan pemandangan yang menawan ke arah laut.

Pantai wisata di Penajam Paser Utara inidilengkapi dengan beberapa macam permainan di antaranya Banana Boat dan Flying Fox dan lain-lain. 

Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti tempat duduk yang berderet di sepanjang pantai, WC umum, fasilitas penyewaan ban untuk berenang.

Di sepanjang pantai terdapat kios warga sekitar  yang menyediakan berbagai jenis makan dan minuman yang bisa dinikmati diantara sejuk udara pepohonan kelapa.

Pulau Gusung

Pantai Gusung menjadi rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara yang seru untuk diving di Kalimantan Timur. Pengunjung bisa mencoba menyelam di sekitar perairan. Pantai ini memiliki empat gugusan pantai atau timbunan pasir laut yang dikelilingi areal terumbu karang (coral reef).

Keindahan Pulau Gusung yang berada di wilayah perairan pantai tanjung jumlai Kabupaten PPU memang tidak diragukan lagi. 

Areal Terumbu Karang (Coral Reef) berada di sekeliling Gugusan Pasir yang muncul ketika air laut surut.Pulau ini terletak di wilayah perairan pantai Tanjung Jumlai. Dapat ditempuh dengan menggunakan Speedboat dengan waktu kurang lebih 30 menit dan perahu motor (kelotok) sekitar satu jam.

Berdasarkan penelitian, disekitar gugusan pasir wisata di Penajam Paser Utara ini ditemukan 56 jenis karang dan 47 jenis ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Dari beberapa jenis ikan itu, terdapat ikan dengan nilai ekonomis tinggi, yaitu ikan baronang, kerapu dan kakap.

Juga terdapat salah satu jenis ikan langka dan dilindungi, yakni ikan Napoleon. Menariknya, sekitar 80 persen kurang yang ada adalah karang hidup yang jarang.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati