Netral English Netral Mandarin
23:42wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Emrus: Diperpanjang atau Tidaknya PPKM Darurat, Atasi Corona di Hulu

Selasa, 20-Juli-2021 05:21

Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing
Foto : Istimewa
Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing
41

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali  akan berakhir hari ini, Selasa (20/7/2021). Namun, pemerintah belum memutuskan apakah kebijakan tersebut dilanjutkan atau tidak.

Terkait hal itu, pakar komunikasi politik Emrus Sihombing berpendapat, apapun keputusan pemerintah soal PPKM Darurat, yang paling penting adalah bagaimana penanganan wabah virus corona (Covid-19) yang dilakukan di hulu dengan strategi komunikasi.

Dijelaskanya, strategi komunikasi pemerintah dalam penanganan Covid-19 seperti menumbuhkan kesadaran, membentuk sikap, dan perubahan perilaku masyarakat perlu dioptimalkan.

"Diperpanjang atau tidak PPKM Darurat, dari aspek komunikasi, menurut hemat saya, mengatasi Corona harus dilakukan di hulu dengan strategi komunikasi yang mampu membangun kesadaran, membetuk sikap dan rasa optimisme masyarakat serta mengubah perilaku taat ketat menggunakan prokes," kata Emrus melalui pesan singkatnya yang diterima netralnews.com, Selasa (20/7/2021).

Setelah mengoptimalkan startegi komunikasi, lanjut Emrus, diikuti dengan program 3T (testing, tracing, dan treatment), atau dilakukan simultan antara strategi komunikasi dengan 3T.

"Jangan sampai sebaliknya yang terjadi dengan menomorduakan strategi komunikasi," ungkap Emrus.

Untuk itu, lanjut Emrus, sumber daya, termasuk pembiayaan mengeksekusi trategi komunikasi tersebut, minimal sama dengan program vaksinasi.

Seperti diketahui, PPKM Darurat di Jawa dan Bali dimulai sejak tanggal 3 Juli 2021 dan akan berakhir 20 Juli 2021 hari ini. Selama PPKM Darurat, kasus positif Covid-19 masih terus mengalami lonjakan bahkan kasus harian beberapa kali pecah rekor.

Rekor tertinggi kasus harian terjadi pada 15 Juli lalu yang mencapai 56.757 kasus baru Covid-19. Selain itu, kasus kematian akibat virus corona juga mencatat rekor baru pada Senin (19/7) dengan tambahan 1.338 orang.

Hingga Senin kemarin, total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 2.911.733. Dari jumlah itu, sebanyak 2.293.875 orang sembuh dan 74.920 orang meninggal dunia. Sementara itu, kasus aktif saat ini tercatat sebanyak 542.938.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati