Netral English Netral Mandarin
18:28wib
Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa bahwa hukum penggunaan aset kripto. Kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter mulai berlaku di sejumlah minimarket pada Rabu.
Erikson Sianipar: Kepada Kades Terpilih, Selamat Berlomba Membangun Tapanuli Utara

Selasa, 30-November-2021 07:10

Ilustrasi Pilkades serentak 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara
Foto : NNC/Istimewa
Ilustrasi Pilkades serentak 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara
0

 

TARUTUNG, NETRALNEWS.COM – Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara yang digelar di 200 desa telah menghasilkan para kepala desa terpilih. 

Pilkades Serentak tersebut berlangsung pada 23 November 2021 dan melibatkan 545 orang calon kades yang ikut meramaikan bursa kepala desa. 

Berdasar penelusuran Netralnews, Pilkades Serentak di Tapanuli Utara ternyata mayoritas kepala desa terpilih merupakan “pendatang baru”.

Calon kades petahana (incumbent) terpilih hanya mencapai 27,5% atau sebanyak 55 orang. Sementara selebihnya yakni 72,5% atau 145 kepala desa terpilih berasal dari pendatang baru. 

Bahkan, dari 15 kecamatan, ada satu kecamatan yakni Kecamatan Garoga, dari 11 petahana yang mencalonkan diri, semua dikalahkan oleh pendatang baru.

(Rekapitulasi hasil Pilkades Serentak Taput Tahun 2021, Dok.Netralnews)

 

Mengenai jalannya Pilkades Serentak, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menyatakan bahwa secara umum pelaksanaan Pilkades 2021 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berjalan lancar dan kondusif. Meski demikian, bagi pihak pemenang dihimbau agar tidak euforia.

“Pilkades di Taput kondusif. Walau begitu saya mengajak seluruh elemen masyarakat tetap meningkatkan pengamanan dan menjaga persaudaraan dan tidak euforia” katanya seperti dilansir di laman polri.go.id, Rabu (24/11).

Masyarakat Rindu Perubahan 

Pilkades serentak di Tapanuli Utara yang berlangsung kondusif mendapat apresiasi dari Pendiri Bisukma, Erikson Sianipar. Menurutnya, jalannya Pilkades dan apa yang dihasilkan telah membuktikan bahwa masyarakat Tapanuli Utara cerdas dan bijak. 

“Kiranya kita semua patut berbangga dan pantas berterima kasih kepada semua warga desa di semua penyelenggara Pilkades karena telah menjalankan kewajiban dan hak politiknya dengan baik. Masyarakat Tapanuli jelas telah menjadi masyarakat yang makin cerdas dan bijak dalam memilih,” kata Erikson Sianipar kepada Netralnews, Senin (29/11/2021). 

Warga antusias dan tertib menyampaikan hak politiknya

 

Tapanuli Utara akan segera memulai era baru bersama para Kepala Desa terpilih. Semoga mereka mampu menjalankan mandat yang telah dipercayakan dan menjadi sosok pemimpin teladan yang menginspirasi. 

Kiprah mereka sudah sangat dinantikan dalam melakukan percepatan ekplorasi potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa yang mereka pimpin. 

“Tantangan era revolusi industri 4.0 dan globalisasi telah menghadang di depan mata. Semoga semua Kepala Desa terpilih mampu mewujudkan semua strategi yang dipersiapkan, termasuk dalam membangun generasi produktif yang mampu menjawab tantangan zaman,” kata Erikson Sianipar.

Melalui program yang dipersiapkan dan seiring dengan program pemajuan desa secara nasional, kepala terpilih diharapkan mampu menjamin warga hidup sehat, sejahtera, dan berkarakter kuat. 

Antusias warga menyalurkan hak politiknya patut diapresiasi.

 

Mengenai Kepala Desa terpilih yang mayoritas merupakan pendatang baru, Erikson Sianipar berharap semoga hal itu hanyalah satu bentuk kerinduan warga terhadap masa depan Tapanuli Utara agar menjadi semakin lebih baik.  

“Masyarakat merindukan Tapanuli Utara maju dan semakin sejahtera. Maka, kepercayaan yang telah diberikan masyarakat ke pundak para kepala desa terpilih jangan sampai disia-siakan. Semoga kepercayaan dan harapan warga melipatgandakan energi dan menjadi modal awal bagi para Kepala Desa terpilih untuk berpacu memajukan setiap potensi daerahnya sehingga terwujud desa unggul dan sejahtera. Indonesia akan maju karena ditopang oleh desa yang maju,” kata Erikson Sianipar. 

Meski mayoritas kades terpilih dari pendatang baru, namun tidak boleh dilupakan bahwa dipastikan ada banyak hal baik yang telah diperjuangkan dan dicapai para kepala desa sebelumnya (petahana). Apa yang baik itu semestinya dilanjutkan dan dikembangkan oleh kepala desa yang baru.

 

“Hal baik dilanjutkan, dan hal kurang baik diperbaiki. Karena politik yang baik pada hakikatnya bukanlah siapa menang pasti benar dan yang kalah pasti salah. Politik yang menyejahterakan selalu sportif untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat yang mereka pimpin,” kata Erikson Sianipar. 

Terakhir, dengan tercapainya tujuan Pilkades Serentak di Tapanuli Utara tahun 2021, Erikson Sianipar mengajak semua pihak, bersama para Kades terpilih, saling berlomba membangun desa. 

“Selamat kepada para Kepala Desa Terpilih. Mari kita semua bersama-sama membangun Tapanuli Utara. Di mata Bisukma, keterlibatan kita dalam membangun Tapanuli Utara, tak lain merupakan salah satu impementasi dari Budaya Betapature.  Mari kita benahi pature diri yakni membenahi diri sendiri, pature keluarga, yakni membenahi keluarga, dan pature huta, yakni membenahi kampung halaman kita,” pungkas Erikson Sianipar. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi