Netral English Netral Mandarin
01:45wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Fadli: Orkes Lama 'Asal Bapak Senang' Kembali Dimainkan untuk Hibur Presiden Jokowi

Rabu, 07-Juli-2021 16:02

Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon
Foto : Istimewa
Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengomentari pernyataan Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengaku telah melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa upaya penanganan Covid-19 melalui PPKM Darurat berjalan dengan baik.

Menurut Fadli, laporan demikian tak lebih dari sekedar untuk menghibur atau menyenangkan Presiden Jokowi. Ia menyebut istilah ABS 'asal bapak senang' kembali dimainkan.

"Asal Bapak Senang (ABS) adalah orkes lama untuk menghibur Presiden. Kini dimainkan lagi dengan dirigen/konduktor yang berbeda," tulis Fadli di akun Twitter-nya, Selasa (6/7/2021).

Fadli menambahkan, dalam kondisi darurat seperti sekarang, harusnya Presiden Jokowi yang memegang komando penanganan Covid-19 supaya bisa mengetahui langsung kondisi riil di lapangan dan tidak hanya mendapat laporan dari anak buah seolah semua berjalan dengan baik.

"Itulah kenapa saya usulkan Presiden langsung yang harusnya pimpin penanganan Covid-19 dalam situasi darurat ini," kata Fadli Zon.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menetapkan kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali untuk menekan kasus Covid-19 di Indonesia. Kebijakan ini berlaku dari Sabtu 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang.

PPKM Darurat diterapkan di 122 kabupaten/kota yang menyandang status level 4 dan level 3 berdasarkan kriteria WHO.

Setelah 2 hari kebijakan tersebut berjalan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator PPKM Darurat, Luhut Pandjaitan, mengaku telah melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa PPKM Darurat berjalan dengan baik.

“Semua masih terkendali Pak Presiden. Ada krisis di sana-sini, yes, tapi semua dapat diatasi dan tim bekerja sangat kompak baik dari daerah sampai pusat,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7/2021).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati