Netral English Netral Mandarin
01:43 wib
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berencana melaporkan seorang peramal, Mbak You, terkait ramalan Jokowi lengser dari jabatan presiden pada 2021. Peneliti menyatakan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan (Afsel) tidak mempengaruhi kerja vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.
Risma Terbukti Bantu Tunawisma, FH; Orang yang Kerjanya Cuma Konpres Dipuja, Memang Sinting...

Jumat, 08-January-2021 11:45

Risma Terbukti Bantu Tunawisma, Ferdinand sebut Orang yang Kerjanya Cuma Konpres Dipuja, Memang Sinting...
Foto : Istimewa
Risma Terbukti Bantu Tunawisma, Ferdinand sebut Orang yang Kerjanya Cuma Konpres Dipuja, Memang Sinting...
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tagar #Rismaratudrama trending di twitter, ternyata sosok tunawisma yang ditemui Menteri Sosial, Tri Rismaharini terbukti memang seorang tunawisma.

Tagar Risma Ratu Drama trending dijagat dunia maya setelah video Mensos Risma mengunjungi salah satu pemulung viral. Banyak netizen yang menanggapi video dengan negatif dan meminta Mensos fokus kepada penyaluran dana Bansos 2021.

Menanggapi bully tersebut, mantan politikus Demokrat, Ferdinand Hutahaean, Jumat (8/1/21) mengatakan: "Mmg makin sinting, orang kerja turun kebawah dicaci maki, diejek dibully."



"Sementara orang yang kerjanya acting bikin video pencitraan di tempat sampah dan warung rakyat serta cuma konpres dipuja puji sbg kerja sukses dan digadang2 jd presiden. Mmg sinting nalar begini..!!" tegas Ferdinand.

Sementara sebelumnya diberitakan, menanggapi video Risma yang viral, Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung memerintahkan Dinas Sosial DKI untuk mengecek tunawisma di Sudirman-Thamrin.

"Kami, saya, Pak Gubernur, memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami, jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada, betul. Kalau ada di kolong jembatan, betul masih ada," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta, Rabu 6 Januari 2021.

Dia mengakui, memang di Jakarta masih ada tunawisma atau gelandangan. Namun, Riza cukup heran soal tunawisma ditemukan di sekitar Sudirman-Thamrin.

"Terkait dengan adanya tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun, baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin," tuturnya.

Sementara Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara mengungkapkan, sosok tunawisma yang ditemui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pemulung yang tidak punya tempat tinggal.

"Itu tuh dia pemulung. Penggelandang. Ya tunawisma," ucap Herman kepada wartawan, Rabu, 6 Januari 2021.

Herman mengatakan, saat ini keduanya sedang mendapatkan pelayanan rehabilitasi pemberdayaan dan vokasional, dari ternak lele hingga keterampilan bengkel.

Hal yang sama diutarakan oleh Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi yang ikut dalam pertemuan itu mengatakan Wapres menyetujui gagasan tentang pemanfaatan kembali balai rehabilitasi tersebut untuk tempat pemberdayaan masyarakat fakir dan terlantar.

"Ada gagasan dari Bu Risma, yang kemudian disetujui oleh Pak Wapres, yaitu mengenai optimalisasi dan reformasi pengelolaan balai yang selama ini banyak idle (tidak digunakan)," kata Masduki di Jakarta, Selasa 5 Januari 2021.

Masduki mengatakan sebagian besar balai rehabilitasi milik Kemensos tidak terpakai dan Risma memiliki inisiatif untuk menjadikan balai tersebut sebagai tempat penampungan bagi pengemis dan tuna wisma.

Balai rehabilitasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai pusat pelatihan dan pemberdayaan agar masyarakat kelompok rentan yang terlantar dapat memiliki bekal untuk hidup layak.

"Jadi makanya, kalau sekarang Bu Risma ketemu pemulung di Jakarta itu dalam kepentingan itu sebenarnya. Jadi programnya tidak hanya bansos (tunai) tetapi juga pemberdayaan," jelas Masduki.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto