Netral English Netral Mandarin
17:55wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Film Nominasi Oscar Sun Children jadi Pembuka Klik Film, Begini Kisahnya

Sabtu, 08-Mei-2021 23:00

Sutradara Majid Majidi ceritakan proses pembuatan film Sun Children.
Foto : Antara
Sutradara Majid Majidi ceritakan proses pembuatan film Sun Children.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sutradara ternama asal Iran Majid Majidi membocorkan sisi lain dari film "Sun Children" dalam pembukaan Iranian Film Festival yang dimoderatori Riri Riza.

Film yang masuk daftar nominasi Oscar 2021 menjadi film pembuka di acara yang berlangsung pada 5-20 Mei 2021 dan diselenggarakan Klik Film.

Dalam pembukaan tersebut, Majid Majidi mengakui kalau dirinya senang Iranian Film Festival digelar di Indonesia karena dia merasa ada kesamaan antara Indonesia dan Iran.

“Indonesia itu salah satu negara yang sangat saya suka dan satu negara yang mirip dengan Iran dengan mayoritas penduduknya beragama muslim dan saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar sutradara kelahiran 17 April 1959 ini,  Sabtu, (8/5/2021).

Baca Juga :

Di balik film-film Majid Majidi seperti "Children Of Heaven" yang memenangkan Academy Award 1998 untuk kategori Film Asing Terbaik, "The Song Of Sparrows" dan "Sun Children" yang selalu mengangkat anak kecil, Majid memiliki sebuah pandangan yang mulia pada anak-anak.

“Saya melihat anak-anak di sebuah negara itu bisa membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut. Anak-anak adalah harta yang penting sekali bagi kita semua karenanya saya membuat film yang ada hubungannya dengan anak-anak agar bisa fokus mengangkat anak-anak di satu negara, tidak hanya di negara saya saja melainkan di seluruh dunia," jelas Majid.

"Saat ini ada sekitar 150 juta anak anak yang dimanfaatkan untuk berkerja keras di masa kecilnya. Itu sebabnya saya ingin fokus membuat film-film terkait anak agar suara mereka ini bisa didengarkan di seluruh dunia,” ungkapnya. 

Dalam dialog antara Majid dan Riri Riza, dia menyebutkan semua karyanya disampaikan lewat mata anak-anak. Dia menggambarkan seorang anak tidak akan pernah berhenti untuk sesuatu yang lebih baik.

"Demikian pula dengan segala pikiran seorang anak tentunya kebaikan,semua film saya selalu memperlihatkan bahwa disitu selalu ada harapan, keinginan, karakter itu selalu berusaha dan tak mau berhenti sampai mencapai tujuannya dan keinginannya. Kebersihan dan kejujuran hati anak-anak."

Di film "Sun Children", dikatakan para pemainnya adalah murni anak-anak yang memang mengalami kesulitan hidup, hidup di perempatan jalan misalnya.

"Penting sekali untuk seluruh dunia bisa melihat pesan ini, kejujuran dan kebersihan hati,” tambah Majid, dilansir Antara. 

Reporter : Antara
Editor : Sulha Handayani