Netral English Netral Mandarin
14:17 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Komnas HAM Duga Laskar FPI Pakai Senjata Rakitan, DS: Tangkap Munarman

Senin, 11-January-2021 14:45

Denny Siregar-Munarman.
Foto : Istimewa
Denny Siregar-Munarman.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hasil penyelidikan Komnas HAM menyatakan ada dugaan anggota FPI menggunakan senjata api rakitan saat baku tembak di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada 7 Desember 2020.

Terkait temuan tersebut, pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar meminta kepolisian segera menangkap Munarman. Pasalnya Munarman lah yang membantah jika laskar FPI dipersenjatai.

"Sesudah@KomnasHAM memastikan bahwa laskar FPl memang membawa senjata api, seharusnya @DivHumas_Polri segera bergerak menangkap Munarman karena dia kemaren yang sebarkan hoax tidak pernah bawa senjata api..," kata Denny dalam akun Twitternya, @Dennysiregar7.



Diketahui Komnas HAM merekomendasikan pengusutan lebih lanjut dugaan kepemilkan senjata api laskar FPI tersebut.

"Mengusut lebih lanjut kepemilikan senjata api yang diduga digunakan oleh laskar FPI," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam jumpa pers yang berlangsung secara daring, Jumat (8/1/2021) lalu.

Selama proses penyelidikan, Komnas HAM memeriksa sejumlah saksi, baik dari pihak FPI, keluarga korban, kepolisian, dan Jasa Marga.

Komnas HAM juga  melakukan rekonstruksi terkait insiden bentrok tersebut di Kantor Komnas HAM, Jakarta.

Dalam penyelidikan itu, lanjut Choirul, Komnas HAM juga menemukan bahwa FPI melakukan pencegatan atau memepet mobil polisi hingga terjadi baku tembak. Mereka menduga mobil itu ditumpangi personel Badan Intelijen Negara (BIN).

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP