Netral English Netral Mandarin
18:04wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Ganjar Disebut-sebut Bakal Menang Mudah di Pilpres 2024, Netizen: Nah loh, Puan Kemana? Udah Habis Dana Buat Baliho

Sabtu, 14-Agustus-2021 08:40

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani
Foto : Kolase Indonews
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika PDIP bersedia mengusung Ganjar Pranomo sebagai Capres di Pilpres 2024, disebut-sebut seorang pengamat bakal menang dengan mudah. 

Pernyataan tersebut didasarkan oleh hasil survei dan analisa yang ia lakukan.  Sontak pernyataan itu mendapat perhatian banyak warganet. 

Akun FB Mak Lambe Turah ikut mencuit dengan membandingkan sosok Puan Maharani yang akhir-akhir ini disorot karena wajahnya terpampang di baliho di berbagai kota.

“Nah loh Puan Maharani kemana?? udah habis dana buat baliho,” cuit akun MLT, Sabtu 14 Agustus 2021.

Warganet bernama Sutji Sukardi malah berkomentar lain: “Aq sih lebih suka Gatot Nurmantyo.”

Untuk diketahui, gingga saat ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP masih gamang dalam mengusung kandidat calon presiden (Capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Sebelumnya, mereka mendorong Puan Maharani, namun belakangan nama Ganjar Pranowo kembali muncul.

Pegiat media sosial yang kerap membicarakan fenomena politik nasional, Narkosun mengurai logika sederhana mengapa PDIP diuntungkan jika mengusung Ganjar di Pilpres 2024 nanti. Bahkan, bukan tak mungkin, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu bisa dengan mudah memenangkan kontestasi politik tersebut.

Disitat melalui akun medsos pribadinya, Narkosun pertama-tama membagikan hasil survei nasional yang baru-baru ini dirilis lembaga Charta Politika Indonesia (CPI). Berdasarkan keterangan yang tertera pada gambar, PDIP dan Ganjar Pranowo menjadi partai politik (Parpol) dan tokoh dengan nilai elektoral tertinggi di Tanah Air.

PDIP mengumpulkan nilai 22,8 persen atau unggul 5,3 persen dari Partai Gerindra di urutan kedua. Sementara Ganjar Pranowo mencatat angka 20,6 persen atau berjarak 2,8 persen dari Anies Baswedan di posisi kedua.

Itulah mengapa, Narkosun yakin, kombinasi ‘juara’ antara Ganjar dan PDIP bisa menghasilkan satu output besar, yakni kursi presiden 2024-2029.

“Hasil survei menunjukkan PDI Perjuangan masih tetap nomor satu. Pak Ganjar Pranowo juga peringkat satu. Jika partai nomor satu mengusung tokoh nomor satu, kemungkinan besar akan menjadi RI 1,” tulisnya dengan menyertakan emotikon bendera merah putih, seperti dikutip Hops.id, Jumat 13 Agustus 2021.

Diketahui, survei Charta Politika kerap dijadikan rujukan publik untuk mengukur peta dan kekuatan politik nasional. Berikut kami rangkum nilai elektoral partai dan tokoh politik terkini.

Partai

PDI Perjuangan – 22,8 persen

Partai Gerindra – 17,5 persen

PKB – 9,4 persen

PKS – 6,8 PERSEN

Partai Demokrat – 6,6 persen

Partai Nasdem – 4,8 persen

PPP – 2,3 persen

PAN – 1,7 persen

PSI – 1,2 persen

Perindo – 0,7 persen

Partai Gelora – 0,3 persen

Partai Hanura – 0,3 persen

Partai Ummat – 0,2 persen

PKPI – 0,1 persen

PBB – 0,1 persen

Partai Berkarya – 0,1 persen

Tokoh

Ganjar Pranowo – 20,6 persen

Anies Baswedan – 17,8 persen

Prabowo Subianto – 17,5 persen

Sandiaga Uno – 7,7 persen

Ridwan Kamil – 7,2 persen

Agus Harimurti Yudhoyono – 4,2 persen

Tri Rismaharini – 3,6 persen

Erick Thohit – 1,8 persen

Puan Maharani – 1,4 persen

Airlangga Hartarto – 1 persen

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati