Netral English Netral Mandarin
11:49wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Gara-gara Diskon PPnBM, Penjualan Mobil di Februari 2021 Menurun

Sabtu, 13-Maret-2021 20:00

Suasana di dealer mobil Toyota
Foto : PT Toyota Astra Motor
Suasana di dealer mobil Toyota
32

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kebijakan insentif PPnBM 0 persen di bulan Maret membuat penjualan mobil baru di bulan Februari mengalami penurunan. Sebabnya konsumen lebih memilih menunda pembelian mobil demi mendapatkan potongan diskon PPnBM.

Akibatnya, penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan di Februari 2021, jika dibandingkan pencapaian di Januari 2021.

Berdasarkan data retail sales Gabungan Indsutri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan di Februari hanya sebanyak 46.943 unit.

Angka itu turun jika dibandingkan Januari, yang penjualannya tercatat sebanyak 53.996 unit.

Menurut Kukuh Kumara, Sekertaris Jendral Gaikindo, Selain karena penundaan beli dari konsumen, penurunan juga diakibatkan karena jumlah hari di bulan Februari lebih sedikit ketimbang bulan lainnya.

"Pertama, di Februari itu kan jumlah harinya lebih sedikit ketimbang bulan lainnya. Kedua, konsumen cenderung menunda pembelian karena adanya isu relaksasi PPnBM," ucap Kukuh seperti dilansir GridOto, Sabtu (13/3/2021).

Namun, ia menambahkan, sampai pertengahan Maret 2021 pembelian mobil sudah mulai meningkat.

Meski tak menyebutkan detail jumlahnya, Kukuh berujar peningkatan tersebut disebabkan oleh mulai diberlakukannya relaksasi PPnBM 0 persen.

Ia berharap, relaksasi PPnBM 0 persen ini bisa mendongkrak penjualan mobil di Tanah Air.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP