• News

  • Gayahidup

Ini Penyakit Potensial yang Bisa Terjadi Akibat Kekurangan Air Mineral

Waspadai jika kekurangan air mineral
Alkaline
Waspadai jika kekurangan air mineral

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Bidang Humas Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dr Milka Inkiriwang, MARS mengatakan, ada berbagai penyakit potensial yang bisa terjadi akibat kekurangan konsumsi air mineral.

Menurutnya tubuh perlu asupan air mineral berkualitas setiap hari, karena berbagai organ tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Diantaranya: jantung 73 persen air, paru-paru 83 persen air, tulang 31 persen air, kulit 64 persen air, otak 73 persen air, darah 90 persen air, otot 79 persen air, dan ginjal 79 persen air.

"Penyakit potensial akibat kekurangan air mineral diantaranya nyeri sendi, bau mulut, kulit kering, rambut kering dan kusam. Bisa juga menganggu persendian dan mata kering," kata dr Milka saat konferensi pers Kampanye #AYOMINUMUNTUKSEHAT bersama Le Minerale, baru-baru ini di Jakarta.

Tidak hanya itu, masih ada lagi penyakit potensial akibat kekurangan air mineral, yakni sistem kekebalan tubuh menurun, cepat lelah dan ngantuk, serta sakit kepala.

"Penyakit potensial akibat kekurangan air mineral bisa berisiko juga batu ginjal, kolestrol tinggi, dan tekanan darah tidak normal. Dalam hal ini, air bisa bersifat detoksifikasi," kata dia.

Adapun manfaat konsumsi air berkualitas secara rutin diantaranya, organ tubuh yang bekerja optimal, tubuh terasa segar, dan tidak mudah sakit. Konsumsi air mineral juga membuat diri kita tidak mudah lelah dan berat badan bisa terkontrol, karena air yang bersifat detoksisifikasi.

Menurut dr Milka, air mineral juga berperan dalam memberi asupan nutrisi seimbang. Pasalnya tubuh tidak bisa produksi air mineral sendiri dan harus ada asupan dari luar, misalnya sayur dan buah.

"Kenapa tubuh butuh asupan air berkualitas?, karena organ-organ tubuh terdiri dari air. Kalau organ-organ kekurangan air maka akan banyak faktor terjadi, misal badan capek, dehidrasi, pusing, lemes," kata dia.

Dr Milka imbau masyarakat juga terapkan gaya hidup sehat, diantaranya dengan konsumsi makanan bergizi dan nutrisi seimbang. Selain itu merubah pola dan gaya hidup, sehingga badan mulai adaptasi dengan gaya hidup sehat dan energi positif datang, tubuh sehat dan segar.

"Olahraga juga secara teratur karena badan harus gerak untuk seimbangkan kesehatan. Tak kalah penting adalah konsumsi air mineral yang berkualitas," imbau dr Milka.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani