• News

  • Gayahidup

Kenali Nikmat dan Manfaat dari Teh Biru

Teh biru
Istimewa
Teh biru

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Teh biru ini memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, minuman ini memiliki aroma bunga yang khas dan memberikan sensasi yang mirip dengan teh hijau.

Mengutip Indiatimes, teh biru ini terbuat dari kembang telang atau clitoria ternatea yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Bukan hanya karena warna birunya yang membuat teh ini semakin menarik, minuman yang juga dijuluki 'blue tea' atau teh biru ini juga mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan

Berikut 4 manfaat utama Teh Biru bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan kulit

Bagi orang-orang yang aktif di luar ruangan, radikal bebas dari sinar matahari dan polusi kendaraan merupakan musuh utama yang bisa menyebabkan kulit rentan rusak dan kusam. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah bisa rutin meminum teh dari seduhan bunga telang. 

Antioksidan pada bunga telang berfungsi menangkal radikal yang akan merusak sel dan jaringan pada kulit. Salah satunya flavonoid yang akan meningkatkan kolagen untuk menyamarkan keriput dan menjaga elastisitas kulit. 

2. Anti-diabetes

Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab utama lonjakan gula darah yang dapat berujung pada diabetes. Selain menguubah pola makan yang lebih sehat, secangkir seduhan bunga telang ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti-diabetes. 

Konsumsi teh biru ini setelah makan akan memperlambat penyerapan glukosa sehingga gula darah tetap stabil. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidannya yang tinggi juga berfungsi menjaga kesehatan jantung .

3. Menangkal depresi

Tekanan di tempat kerja bisa menyebabkan stres yang berujung pada gangguan depresi bila tak segera ditangani. Meminum segelas teh biru hangat bisa menjadi pilihan tepat untuk menenangkan diri dari stres.

4. Penguat Daya Ingat

Teh biru diyakini memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan daya ingat. Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bunga butterfly pea atau Clitoria ternatea dapat membantu fungsi daya ingat dan otak dengan cara meningkatkan neurotransmitter bernama Acetylcholine.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sesmawati