• News

  • Gayahidup

Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2019

Kamera Mirrorless - Bukalapak
Bukalapak
Kamera Mirrorless - Bukalapak

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi anda yang suka fotografi, pasti tak asing dengan kamera mirrorless. Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik seperti kamera DSLR, namun kualitas gambarnya setara karena image sensor yang digunakan sama besar.

Oleh sebab itu, ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan ringan dari kamera DSLR dan bisa ganti lensa. Namun kadang kita bingung, karena banyaknya kamera mirrorless di pasaran.

Jadi apa sajakah kamera mirrorless terbaik tahun ini?

1. Panasonic Lumix G9

Berbentuk seperti kamera DSLR, lengkap dengan layar mungil di bagian atas bodi untuk melihat pengaturan kamera, Panasonic Lumix G9 menyasar para fotografer profesional. Meskipun memiliki sensor Micro Four Thirds, yang ukurannya hanya setengah sensor full frame, kamera ini menjanjikan performa dan hasil foto yang luar biasa.

Salah satu kelebihan kamera Micro Four Thirds adalah pilihan lensa yang sangat banyak. Karena Lumix G9 sudah dibekali sistem stabilisasi gambar di dalam bodi, kamu bisa menggunakan lensa apa pun dan tetap mendapatkan hasil foto yang bebas guncangan dan blur.

2. Panasonic Lumix GH5S

Kamera mirrorless seri GH dari Panasonic menawarkan fitur-fitur yang siap memanjakan para videografer. Tak terkecuali suguhan terbarunya yang hadir dengan nama GH5S. Kamera ini sudah menyediakan format video DCI 4K dan pilihan kecepatan rekam 24p, 25p, 30p, 50p, atau 60p.

Berbeda dengan kebanyakan kamera masa kini, GH5S dibekali sensor dengan resolusi kecil, yaitu 10,2 megapiksel. Namun, resolusi kecil tersebut justru memberikan satu keuntungan. Ukuran tiap piksel dalam sensor kamera ini lebih besar dan mampu menangkap cahaya lebih banyak. Dengan demikian, GH5S juga memiliki performa lebih mantap di kondisi temaram dari kebanyakan kamera.

3. Panasonic Lumix DC-GX9

daftar kamera mirrorless terbaik Panasonic Lumix DC-GX9

Panasonic Lumix GX9 (Foto: Panasonic)

Kamera yang diluncurkan pada awal 2018 ini mengusung desain rangefinder. Uniknya, lubang intip elektronik yang ditempatkan di sisi kiri atas dapat dimiringkan ke atas. Posisi tersebut memudahkanmu mengambil foto dari sudut rendah dengan tetap mengandalkan lubang intip.

Kendati tidak tahan cuaca, Panasonic Lumix DC-GX9 memiliki konstruksi tubuh yang solid. Di bagian dalam kamera ini tertanam sistem stabilisasi lima poros yang dikombinasikan dengan stabilisasi optik dua poros yang siap menghasilkan foto dan video bebas guncangan.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sesmawati