• News

  • Gayahidup

5 Cara Ampuh Atasi Karyawan yang Tidak Disiplin Waktu

Ilustrasi
dok.pinterest
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Dalam merekrut seorang karyawan pastinya setiap perusahaan mempunyai syarat-syarat tertentu yang dilihat dari faktor keterampilan, prestasi dan pengalamannya. Namun, ada beberapa faktor penting yang sering lepas dari penilaian dan perhatian perusahaan, terutama kedisiplinan. 

Ya, meskipun para karyawan sangat bagus di bidang yang ditekuni nya itu, tetapi kalau mereka memiliki kebiasaan datang telat ke kantor, maka produktivitas pada karyawan lainnya akan menjadi terganggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, para manajer dan HRD tentu harus menangani karyawan yang suka terlambat. Jika manajer tidak bisa membuat karyawan-karyawan nya disiplin. Bisa-bisa menjadi bumerang pada masa depan perusahaan. Oleh karena itu, salah satu cara agar kerja para karyawan di perusahaan tetap bagus dan terjaga adalah dengan disiplin waktu. Untuk menjaga agar para karyawan disiplin itu pasti tidak mudah.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatasi. Berikut beberapa cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin waktu. 

1. Jatuhkan Sanksi Kepada Karyawan yang Tidak Disiplin

Cara pertama yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan menjatuhkan sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin waktu. Sanksi-sanksi yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang memberikan sanksi dengan mengurangi gaji, menurunkan jabatan atau memberikan denda. Kamu bisa memberikan denda kalau ada karyawan yang datang terlambat sepuluh menit, maka dia akan kena denda sebesar Rp 50.000 atau sesuai dengan ketentuan perusahaan masing-masing. Dengan kamu mengikuti metode pertama ini, diharapkan para karyawan akan jera dan lebih bisa menghargai waktu. 

2. Mencari Tahu Faktor Permasalahannya 

 Jika ada karyawan yang sering terlambat dan tidak disiplin, mungkin cara yang paling efektif adalah dengan memberikan sanksi. Namun, cara yang paling mudah untuk menyelesaikan masalah tersebut sebenarnya dengan mencari tahu faktor permasalahannya. Cobalah ajak komunikasi karyawan dengan baik-baik. Lalu bicarakan inti permasalahan yang sedang dialami. Bisa saja kamu memberikan dia cara untuk menyelesaikan masalah hidupnya, kan? Oleh sebab itu, tak ada salahnya bukan untuk mengikuti metode yang satu ini.  

3. Berikan Penghargaan Pada Karyawan yang Disiplin

Kalau sudah ada sanksi, maka harus ada juga penghargaan. Memberikan penghargaan pada karyawan merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar para karyawan dapat bekerja dengan semangat dan lebih giat lagi. Hal ini juga bisa kamu terapkan kepada karyawan yang sering terlambat. Manajer bisa memberikan penghargaan dengan rutin pada karyawan yang disiplin atau berprestasi. Cara ini juga dapat membuat karyawan jadi termotivasi untuk memberikan hasil terbaik untuk perusahaan. 

4. Pakai Sistem Teknologi Untuk Kehadiran

Cara ini merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi kedisiplinan dan memonitori karyawan yang sering telat. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang sistem teknologi untuk kehadiran. Dengan mengikuti metode ini, maka kamu bisa mengetahui karyawan yang datang tepat waktu dan tidak.

Baca Juga:

1. MINISO Perluas Jangkauan Pasar Online Official Shop di Shopee

2. Telkom Gandeng Shopee, Pasang IndiHome Minipack Dapat Cashback

3. Kemendes PDTT Gaet Shopee Tingkatkan Penjualan UKM Daerah Tertinggal

Kini sudah ada teknologi yang dapat terhubung langsung ke smartphone, sehingga para karyawan yang kerja diluar kantor dapat kamu awasi dengan mudah. Untuk yang lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan mesin absensi sidik jari untuk mengetahui karyawan yang hadir dan tidak. 

5. Ciptakan Tempat Kerja yang Super Nyaman

Mau senyaman apapun tempat pekerjaan pasti akan tetap merasakan jenuh. Hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar sebab aktivitas di kantor yang padat membuat karyawan menjadi mudah stres. Belum lagi beban masalah pribadi yang sedang menghinggapinya. Oleh karena itu, kamu sebagai seorang pemimpin harus memberikan lingkungan kerja yang sangat nyaman dan membuat para karyawan menjadi lebih semangat dalam bekerja. Dengan begitu, maka karyawan-karyawan kamu tidak akan mudah jenuh dan malas untuk datang ke kantor. Kamu bisa mempercantik suasana kantor kamu dengan berbagai macam perlengkapan atau hiasan menarik untuk kantor kamu. 

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara efektif untuk mengatasi karyawan yang tidak disiplin. Semoga dengan kamu mengikuti cara-cara diatas ini, diharapkan karyawan-karyawan kamu bisa termotivasi dan lebih menghargai waktu. Terima kasih telah membaca artikel ini. 

 

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya