• News

  • Gayahidup

Meski Harus Patuh Diet, Penyandang Diabetes Masih Bisa Nikmati Hidup

Ilustrasi penyandang diabetes.
Wilx
Ilustrasi penyandang diabetes.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Executive Chef, Chandra Yudasswara mengatakan, divonis diabetes bukan akhir kehidupan. Penyandang diabetes masih bisa menikmati hidup, meskipun harus mematuhi panduan diet khusus.

Menurutnya, diet diabetes sebetulnya termasuk rencana makan yang terbaik untuk kebanyakan orang, bahkan bagi yang tidak mengidap diabetes sekalipun. 

"Ada banyak makanan alternatif yang bisa dikonsumsi penyandang diabetes dan dengan bantuan nutrisi khusus seperti Diabetasol, bahkan menjadi semakin mudah,” kata Chef Chandra.

Pernyataan tersebut disampaikan Chef Chandra saat media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Rabu (13/11/2019).

Sebagai contohnya, Chef Chandra Yudasswara menampilkan beberapa resep kreasinya yang dikombinasikan dengan sejumlah produk Diabetasol, berupa brownies, smoothies dan beberapa resep lain yang ramah penyandang diabetes dan bahkan bisa dinikmati semua orang.

Pada kesempatan yang sama, Kiki Maria Sembiring, Group Business Unit Head of Special Needs Nutrition Kalbe Nutritionals mengatakan, pada tahun ini pihaknya melakukan kampanye “Lawan Diabetes Bersama Dia”. “Bersama Dia” di sini mengandung makna mengajak semua pihak terkait diabetes untuk melakukan kontribusi bersama melawan diabetes, mulai dari keluarga, teman, tenaga medis, dan kami sebagai total solusi nutrisi diabetes yang selalu menemani penyandang diabetes mengatur pola makan sehat. 

Upaya ini sejalan dengan tema World Diabetes Day 2019 secara global yaitu Keluarga dan Diabetes. Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. 

Sebagai total solusi nutrisi bagi penyandang diabetes, pihaknya mendukung pelaksanaan Hari Diabetes Sedunia dan Bulan Diabetes Dunia 2019 yang memiliki fungsi utama sebagai kampanye untuk menyadarkan masyarakat akan dampak diabetes bagi keluarga dan mempromosikan peran keluarga dalam pengelolaan, perawatan dan edukasi mengenai diabetes.

Sederhananya jika satu keluarga makan sehat dan olahraga bersama-sama, sang penyandang diabetes terbantu untuk beradaptasi dengan cepat pada gaya hidup sehat, seluruh anggota keluarga mendapat untungnya dan mendorong perilaku yang dapat mencegah diabetes di anggota keluarga lainnya. 

"Mengelola diabetes membutuhkan perawatan harian, gaya hidup sehat dan pelajaran terus-menerus tanpa henti. Ini cuma bisa terjadi secara konsisten dan terus menerus jika ada dukungan keluarga,” kata Kiki.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian