• News

  • Gayahidup

Lukman Saifuddin Bagikan Kenangan Toleransi dengan Djaduk Ferianto 

Menteri Agama (Menag) Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin.
Netralnews/Martina Rosa
Menteri Agama (Menag) Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agama (Menag) Kabinet Kerja Lukman Hakim Saifuddin membagikan kenangan dirinya dengan Seniman Djaduk Ferianto. Sudah lama, kenangan akan toleransi itu dialami pada akhir tahun 2012 silam. 

Kata Lukman, saat di alun-alun Kota Batu, pukul 11.15. WIB, Djaduk cs sudah siap di panggung. Lalu terdengar puji-pujian jelang azan zuhur dari masjid.

Seketika Djaduk menghentikan pertunjukannya. Walikota saat itu Eddy Rumpoko ada di sebelah Lukman dan memberi aba-aba untuk dilanjutkan saja.

"Saya sependapat dengan Mas Eddy Rumpoko, toh belum azan. Tapi Djaduk tetap dengan pendiriannya. 'Atiku ra tekan..', ujarnya," kata Menag dikutip dari unggahan di akun resmi media sosial Twitternya, lukmansaifuddin, Kamis (14/11/2019).

Kata Lukman, Djaduk merasa tak sampai hati harus 'bersaing' antara suara dari masjid dan panggung. Menurut Lukman, itu adalah pelajaran toleransi yang berkesan.

"Kenanganku bersama Mas @DjadukFerianto," kata Menag.

Seperti diketahui, Seniman Djaduk Ferianto dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/11/2019) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIB.

Kabar mengenai berpulangnya Djaduk diketahui dari unggahan sang kakak, Butet Kertarejasa, yang menuliskan keterangan RIP Djaduk Ferianto, dengan latar belakang hitam bertuliskan "Sumangga Gusti.”

Jenazah Djaduk Ferianto disemayamkan di Padepokan seni Bagong Kussudiharjo. Sementara, proses pemakaman dilakukan pada sore hari di makam keluarga Sembungan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian