• News

  • Gayahidup

Ini Tips Berpergian Aman Selama Wabah Coronavirus

Hindari virus Corona, sebaiknya tak gunakan bantal pesawat.
Tripsavy
Hindari virus Corona, sebaiknya tak gunakan bantal pesawat.

NEW YORK, NETRALNEWS.COM - Kepala Petugas Medis New York Medical College Robert Amler mengakui, masih banyak yang harus dipelajari tentang Virus Corona. Ada kemungkinan juga pelancong terinfeksi dan tengah berpergian.

Berikut beberapa tips berperguan aman selama merebaknya Coronavirus, dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (26/1/2020):

Hindari Orang yang Terdampak Coronavirus

Cara terbaik untuk menghindari seseorang yang sakit dengan coronavirus adalah tinggal di rumah. Seperti flu, coronavirus ditularkan melalui tetesan kecil ludah jadi apabila tidak sengaja menghirup partikel kecil, Anda dapat menjadi rentan.

Cuci Tangan
World Healt Organization (WHO) mengatakan 'terlalu dini' untuk menyebut wabah coronavirus sebagai keadaan darurat internasional dan menyarankan cuci tangan untuk pencegahan. Tetapi para ahli mendukung rekomendasi tersebut.

"Salah satu cara terbaik untuk menghindari menulari diri sendiri adalah dengan sering mencuci tangan. Tangan sering mengangkut kuman," kata Dr Amler.

Seberapa sering Anda perlu mencuci tangan bervariasi tergantung pada jenis lingkungan tempat Anda bekerja dan perusahaan tempat Anda tinggal. Dia menambahkan bahwa pembersih tangan boleh dilakukan dalam keadaan darurat, terutama jika memiliki kandungan alkohol yang relatif tinggi, tetapi mencuci tangan jauh lebih unggul karena tindakan menggosok fisik membantu menghilangkan kuman.

Menggunakan Masker
Foto-foto telah menunjukkan banyak orang di China dan di bandara mengenakan masker bedah. Tetapi bukti menunjukkan bahwa masker mungkin agak mengurangi risiko, tetapi tentu saja tidak sepenuhnya mencegah penularan virus.

"Ini tidak akan mencegah setiap tetesan masuk ke mulut atau hidungmu, tetapi untuk waktu yang singkat mungkin akan membantu," kata dia.

Manfaat masker juga tergantung pada jenis masker yang Anda gunakan, yang lebih tebal lebih baik. Masker industri lebih efektif karena dirancang untuk mencegah 95 persen partikel yang masuk. Kelemahannya adalah bahwa masker tebal, yang sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan cat ringan, tidak nyaman dan mungkin membuat sedikit lebih sulit untuk bernafas.

Tak Gunakan Bantal dan Selimut dalam Penerbangan

Apabila Anda sangat khawatir terdampak virus, minimalkan apa yang Anda gunakan saat penerbangan.

"Saya rasa tidak ada cara untuk benar-benar mengetahui tentang bantal dan selimut terbebas virus di pesawat terbang. Mereka duduk di sana di udara untuk waktu yang lama," kata dia.

Meskipun bantal dan selimut tidak akan menjadi 'kendaraan' untuk infeksi, dia menambahkan bahwa 'tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti tidak akan jadi media penyebar virus, kecuali jika Anda membawa bantal atau selimut Anda sendiri.

"Untuk seseorang yang sangat khawatir atau memiliki masalah kekebalan tubuh, mereka mungkin ingin tinggal di rumah atau membawa tisu sanitasi untuk menyeka permukaan meja, kursi, ketika mereka sampai di tempat duduk mereka," jelas dia.

Gunakan Sapu Tangan

Ketika kasus-kasus coronavirus meningkat tajam di Wuhan, pihak berwenang di sana dengan cepat menutup angkutan umum. Di seluruh dunia, risiko coronavirus di bus atau kereta api sangat kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa angkutan umum penuh dengan banyak kuman.

“Ketika Anda bepergian dengan alat transportasi umum, Anda berada dalam jarak dekat, menyentuh permukaan yang disentuh banyak orang,” kata Dr Amler.

Mengenakan sarung tangan ketika Anda memegang pegangan tangga dan sebagainya adalah ide yang bagus. Dia mencatat bahwa mengikuti saran ini dan mengikuti rekomendasi CDC tidak hanya akan membantu Anda meminimalkan risiko terkena coronavirus saat bepergian, tetapi juga untuk hindari kuman.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani