• News

  • Gayahidup

Ternyata Daun Jeruk Mampu Menghambat Penuaan

Daun jeruk mampu menghambat penuaan.
Daun jeruk mampu menghambat penuaan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Daun Jeruk seringkali dipakai untuk memasak. Selain memiliki aroma yang sedap, duan jeruk juga digunakan sebagai penyedam masakan Anda.

Namun, dibali kenikmatan aroma yang dihasilkan daun jeruk, ternyata banyak manfaat yang diambil dari daun jeruk tersebut,

Dilansir dari berbagai sumber laman kesehatan, berikut manfaat daun jeruk yang bias Anda gunakan untuk memasak.
Kandungan vitamin C yang ada di tanaman ini tuh bakalan ngasih perlindungan pada penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat kayak gini maka tubuh kamu akan terjaga dan terlindungi dari infeksi dan penyakit.

Menghambat Penuaan
Kandungan Vitamin C dari jeruk nipis ternyata juga bertindak sebagai antioksidan alami lho, Feedies. Sehingga tubuh bisa melawan radikal bebas yang berbahaya yang bisa nyebabin banyak kerusakaan pada kulit. Kalau kamu mau awet muda, maka minum segelas jeruk nipis hangat juga bisa melawan kerutan akibat penuaan dini.

Nurunin Berat Badan
Banyak pengamat berat badan yang merekomendasikan buat memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain ngasih perasaan kenyang, jeruk nipis juga nyediain serat dan vitamin C yang bisa bantu kamu nurunin berat badan, Feedies.

Menjaga Stamina Tubuh
Daun jeruk purut dapat dikonsumsi ketika sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan gejala seperti lemas, kelelahan dan kelesuan. Daun ini dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga dapat mengatasi berbagai tetes kesehatan yang terjadi di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut
Khasiat daun jeruk purut selanjutnya adalah perlindungan kesehatan mulut, selain bagian dari buah yang juga kaya akan vitamin C dan sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah mulut. Bagian dari daun jeruk purut dapat digosokkan langsung pada gusi untuk membunuh berbagai bakteri berbahaya yang tidak dapat dihilangkan saat menyikat gigi. Selain itu, minyak yang diekstrak dari daun jeruk purut ini juga dapat dicampur dengan pasta gigi atau obat kumur untuk meringankan gigi dan pada saat yang sama membuat mulut, gusi dan gigi sehat.

Mengatasi Peradangan
Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, rematik, asam urat, edema dan jenis peradangan lainnya hanya dapat diatasi dengan daun jeruk purut. Daun jeruk purut yang sudah dihaluskan dapat digunakan sebagai obat topikal untuk nyeri peradangan, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik.

Merawat Kesehatan Rambut
Mungkin masih banyak yang tidak tahu jika daun jeruk purut halus dan dicampur dengan jus jeruk nipis. Campuran ini dapat diaplikasikan langsung ke kulit kepala dan rambut untuk memperlambat kebotakan pada pria dan memperkuat folikel rambut. Daun jeruk purut juga sangat baik untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe dan membuat rambut terlihat berkilau.

Mengurangi Stres
Daun jeruk purut memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi yang berasal dari kandungan minyak atsiri didalamnya. Dengan cara ini, daun harum ini dapat digunakan untuk menghilangkan stres sambil merangsang otak untuk menghasilkan hormon yang dapat meningkatkan mood. Cara terbaik untuk mencapai manfaat ini adalah mencampurkan daun jeruk purut ke dalam makanan seperti soto, salad, saus cabai, sup, dan berbagai makanan lainnya. Mereka juga bisa direbus dan kemudian minum air rebusan jeruk purut.

Mengobati Influenza
Jika Anda menderita influenza, daun jeruk purut juga dapat digunakan karena dapat menangkis virus. Daun ini dapat digunakan sebagai solusi batuk dan menyembuhkan influenza dengan menyerang virus yang menghasilkan lebih banyak sel darah putih daripada sistem kekebalan alami Anda. Anda bisa mencampurkan daun ini dengan minuman atau makanan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pernapasan.

Editor : Sulha Handayani