• News

  • Gayahidup

Wow, Konsumsi Daun Bawang Bisa Cegah Penyakit Jantung

Daun bawang bisa mencegah penyakit jantung.
Pegipegi
Daun bawang bisa mencegah penyakit jantung.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sering digunakan sebagai pelengkap masakan atau untuk menambah aroma, ternyata daun bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mencegah penyakit jantung, anemia hingga baik dikonsumi oleh ibu hamil

Dilansir dari pegipegi dan sumber lainnya, berikut manfaat daun bawang yang bisa Anda konsumsi setiap hari bersamaan dengan masakan lainnya.

Kaya Antioksidan
Daun bawang memiliki kandungan quercetin dan kemferfol yang merupakan zat antioksidan baik untuk tubuh juga untuk meningkatkan kesehatan. Jadi kesehatan anda tetap terjaga dan bisa jalan-jalan terus.

Untuk Kesehatan Jantung
Senyawa cycloaliin yang juga terkandung di dalam daun bawang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa tersebut dapat membantu mengencerkan darah dan mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis (penyakit akibat penumpukan plak pada pembuluh darah). Dengan mengonsumsi daun bawang, plak tersebut dapat dicegah karena aliran darah yang encer.

Kandungan Asam Folat
Untuk ibu hamil, kandungan asam folat dibutuhkan agar perkembangan janin semakin baik. Nah, daun bawang sendiri memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Demi menjaga kelancaran masa kehamilan, daun bawang bisa dimasukkan ke dalam menu sehari-hari.

Baik untuk Pencernaan
Selain itu, daun bawang juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Buat Anda yang suka susah BAB saat traveling, mengonsumsi daun bawang bisa membantu kamu. Kalau BAB lancar, tentu waktu jalan-jalan tidak akan terganggu, kan?

Pencegah Anemia
Sumber zat besi juga bisa kamu temukan di dalam daun bawang. Dengan mengonsumsi daun bawang, kesehatan sel darah merah kamu dapat terjaga. Anda dapat terhindar dari anemia (kekurangan darah), meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan bisa memperkuat jaringan di tubuh.

Penjaga Kadar Gula
Kandungan phyto-kimia yang ada pada daun bawang, yakni allium dan alil disulfida dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Kandungan tersebut memiliki sifat antidiabetes karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Buat kamu yang suka makan atau minum manis, imbangi dengan mengonsumsi daun bawang agar kandungan gula di tubuh Anda terjaga.

Mengurangi Risiko Stress
Susah tidur saat traveling bisa jadi pemicu stress. Kalau Anda merasa kualitas tidur kurang baik, cobalah untuk mengonsumsi daun bawang yang dinilai dapat memulihkan mood.

Editor : Sulha Handayani