• News

  • Gayahidup

Tangkal Gula Darah Anda dengan Daun Meniran

Jaga gula darah Anda dengan Daun Meniran.
Dedaunan
Jaga gula darah Anda dengan Daun Meniran.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mungkin masih asing di telinga Anda mendengar daun meniran. Namun, sebenarnya daun meniran memiliki banyak khasiat. Sebut saja mulai dari menjaga gula darah hingga meredakan peredakan.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk dari laman manfaatdedaunan, berikut khasiat dari daun meniran.

1. Menangkal radikal bebas
Daun meniran hijau dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, khasiat yang menjadi khas banyak tumbuh-tumbuhan. Molekul antioksidan diperlukan tubuh dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Sebab, apabila tak terkendali, radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan berujung pada berbagai penyakit.

2. Meredakan peradangan
Selain memiliki efek antioksidan, meniran hijau juga diyakini memiliki sifat antiperadangan. Kesimpulan ini diambil berdasarkan temuan sebuah riset pada hewan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies. 
Peradangan sendiri dapat menimbulkan masalah pada tubuh, mulai dari masalah kulit hingga sakit yang kronis.

3. Memiliki sifat antimikroba
Ekstrak meniran hijau ditemukan dapat melawan bakteri H. pylori. H. pylori umum terdapat di saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. Namun, di beberapa kasus, bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan ulkus peptik.Menariknya lagi, ekstrak meniran hijau tersebut tidak berbahaya bagi bakteri asam laktat yang menguntungkan bagi tubuh kita.

4. Mengendalikan gula darah
Menurut studi, meniran hijau memiliki potensi manfaat antidiabetes. Tanaman ini dapat mencegah penyerapan glukosa sehingga dapat mengendalikan gula darah.

5. Membantu mencegah batu ginjal
Dalam dunia herbal, mungkin potensi manfaat meniran hijau yang paling dikenal adalah untuk mencegah batu ginjal. Berbagai studi telah melaporkan bahwa tumbuhan yang kerap diabaikan ini dapat berperan dalam pencegahan batu ginjal.

6. Membantu menjaga kesehatan hati
Studi pada hewan tahun 2017 mengungkapkan bahwa meniran hijau memiliki potensi untuk mengatasi perlemakan hati non-alkohol dan aterosklerosis. Kedua gangguan ini dapat memicu resisten insulin. Menurut studi tersebut, meniran hijau dilaporkan dapat mengurangi resisten insulin sehingga juga mengurangi asam lemak pada organ hati.

7. Membantu melawan tukak lambung
Sifat antiperadangan pada meniran hijau disebutkan juga dapat melawan tukak lambung. Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mengurangi sekresi asam lambung serta melindungi lambung.

8. Berpotensi untuk menangani hepatitis B
Meniran hijau disebutkan memiliki sifat antivirus. Dengan begitu, tumbuhan ini memiliki potensi kesehatan untuk menangani hepatitis B. Walau temuan ini menarik, meniran hijau cenderung tidak mampu menangani hepatitis kronis.

9. Berpotensi memiliki sifat antikanker
Berbagai spesies meniran memiliki potensi kesehatan untuk mencegah metastasis pada kanker payudara dan kanker paru-paru. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Public Library of Science, polifenol dalam meniran dapat mencegah invasi, perpindahan, dan adesi sel-sel kanker.

Editor : Sulha Handayani