• News

  • Gayahidup

Yuk Kreatif Bikin Konten Film Tari “Menang”, Cek Syaratnya di Sini

Festival Film Tari Indonesia membuka kesempatan bagi khalayak umum
Dok: Ananda
Festival Film Tari Indonesia membuka kesempatan bagi khalayak umum

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Festival Film Tari Indonesia membuka kesempatan bagi khalayak umum untuk membuat karya film tari dengan tema Menang.

Dalam siaran persnya, Jumat, (22/5/2020), komposer Ananda Sukarlan menjelaskan, festival ini diadakan untuk membangkitkan gairah, motivasi, inspirasi para seniman untuk menciptakan sebuah kolaborasi dikala harus berkarya dari rumah dan menjalani physical distancing.

Nilai terpenting dalam penciptaan karya film tari ini adalah kolaborasi artistik antara disiplin seni tari, musik dan film. Juri dalam festival ini: Nia Dinata (Film), Ditta Miranda (Tari) dan Ananda Sukarlan (Musik).

Ditta Miranda adalah satu-satunya penari professional Indonesia yang telah lama bekerja di Tanz Theatre Wuppertal, Jerman dibawah koreographer terkemuka dunia, Pina Bausch. Ia pernah terpilih menjadi penari terbaik di Europa pilihan majalah tari Tanz Aktuell.

Pendaftaran festival dibuka sampai dengan tanggal 22 Juni 2020. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di akun instagram @dancemotionfestival.id

Karya Film Tari yang dipilih juri sebagai nominasi akan ditayangkan di IGTV @dencemotionfestival.id mulai 24 Juni 2020 dan di IGTV @anandasukarlan . Pemenang akan diumumkan melalui akun IG tersebut pada tanggal 7 Juli 2020, yang merupakan penutupan festival sekaligus merupakan tribute kepada tokoh tari Indonesia Farida Oetoyo.

Terdapat 3 kategori penghargaan dalam festival ini:
1. Film Tari Favorit Pilihan Penonton
2. Film Tari Pilihan Juri (dari 3 disiplin seni)
3. Film Tari Terbaik

Festival Film Tari Indonesia diselenggarakan oleh Ananda Sukarlan Center- TARIIndonesia bekerja sama dengan Istituto Italiano di Cultura.

Menurut Ananda, Festival Film Tari pertama di Indonesia, diselenggarakan untuk pertama kali tahun 2005 di Gedung Kesenian Jakarta. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi pantia dengan nomor whatsapp 0818891038.

Editor : Sulha Handayani