• News

  • Gayahidup

Cukup Lihat dan Raba, Ini Cara Gampang Mengetahui Buah Semangka Matang dan Manis

Ilustrasi buah semangka.
Pixabay
Ilustrasi buah semangka.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan.Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan.

Dalam kondisi pandemi saat ini, zat-zat bermanfaat yang terkandung dalam buah-buahan tentu sangat baik untuk mendukung daya tahan atau imun agar tubuh lebih kuat menghadapi berbagai serangan penyakit. 

Buah semangka termasuk buah yang banyak digemari masyarakat. Selain banyak air, semangka juga memiliki kandungan lainnya seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, abu dan vitamin (A,B dan C) juga mengandung asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginine, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa dan sukrosa.

Selanjutnya, untuk memperolehnya cukup mudah, tak perlu repot ke supermarket, di pedagang buah pinggir jalan pun banyak tersedia.

Namun, terkadang untuk memilih buah semangka terbaik dari tumpukan di rak pedagang buah butuh pengetahuan tersendiri.

Agar tidak kecewa saat membeli buah semangka, seorang netizen pengguna twitter membagikan tips memilih semangka yang baik. 

Melalui akun twitter @Excel_Dee netizen dengan username Lovely Dee ini, membagikan lima tips memilih buah semangka tersebut.

Cuitannya ini menjadi perhatian cukup banyak pengguna twitter, sudah dibagikan ulang (re-tweet) sebanyak 18.200-an kali dan disukai oleh 57.200-an pengguna. 

1. Perhatikan spot kuning, yang merupakan bagian dari semangka yang menempel di tanah. Spot kuning berwarna gelap dengan kombinasi warga oranye-kuning-krem menunjukkan semangka itu sudah matang. Sebaliknya, jika spot itu lebih terang sebenarnya semangka itu belum sempurna untuk dikonsumsi.

2. Cari tanda pada buah semangka terlihat seperti jaring-jaring, warnanya coklat. Tanda ini ada karena lebah kerap menyentuh bagian penyerbukan bunga saat pembuahan. Semakin banyak penyerbukan, semangka akan semakin manis.

3. Semangka berbentuk memanjang dan besar cenderung lebih berair, sering disebut semangka 'laki-laki' oleh petani. Sementara, semangka 'perempuan' bentuknya cenderung bulat dan diyakini memiliki rasa buah yang sangat manis.

4. Carilah semangka dengan ukuran rata-rata. Semangka paling besar atau yang lebih kecil tidak menjamin semangka terbaik yang ada di rak pedagang buah. Sesuaikan ukuran semangka dan beratnya. Semakin besar tentu semakin berat.

5. Periksa tangkainya, kalau terlihat kering artinya itu semangka sudah matang. Jika masih berwarna hijau, dapat dipastikan semangka terlalu cepat dipanen sehingga bukan semangka matang seperti yang diharapkan.

Selain itu, dapat dilihat juga jarak garis-garis di permukaan kulit semangka, kalau dekat artinya kulit semangka itu tipis. Semangka berkualitas baik juga memiliki garis kulit yang rapi dan jelas.

Buat dengan kulit berwarna lebih gelap, memiliki rasa lebih manis.

Editor : Irawan.H.P