• News

  • Gayahidup

Jangan Biarkan Daging Sapi Anda Busuk di Kulkas, Begini Cara Menyimpannya

Simpan daging beku Anda
Klik dokter
Simpan daging beku Anda

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pada musim kurban sapi seperti ini, banyak orang salah cara menyimpan daging sapi di dalam kulkas. Jika dari awal proses penyimpanan telah salah, maka daging akan cepat bau dan membusuk sekalipun telah tersimpan rapi di dalam kulkas atau freezer.

Dilansir dari laman kesehatan rumah bumbu, berikut cara menyiman daging agar tetap segar, aman dan tentu saja awet.

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya besok saja kalo pas mau masak daging.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yg benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. Maka daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tsb di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tirisk

Editor : Sulha Handayani